Sukses

5 Khasiat Bawang Putih, Sangat Berguna untuk Pasien Corona COVID-19

Pasien yang terinfeksi virus corona Covid-19 terkadang kurang bertenaga dan selalu merasa lelah. Bawang putih bisa sangat berguna.

Jakarta - Asupan menjadi hal penting di tengah pandemi virus Corona penyebab COVID-19. Salah satu yang dianggap memiliki khasiat adalah bawang putih. 

Masuk umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum, bawang putih dipercaya mampu membantu meningkatkan stamina jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini bisa membantu pasien COVID-19.

Pasalnya, pasien yang terinfeksi Corona terkadang kurang bertenaga dan selalu merasa lelah.

Namun, perlu ditegaskan, bawang putih belum teruji secara klinis bisa menyembuhkan COVID-19.

Sebelumnya tersiar kabar, bawang putih bisa menyembuhkan pasien dari COVID-19. Dilansir dari situs resmi Kominfo, klaim tentang bawang putih bisa menyembuhkan COVID-19 tersebut, telah dibuktikan sebagai berita bohong.

Bawang putih belum terbukti ampuh dapat menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus Corona.

Sejauh ini, rutin mengonsumsi bawang putih dipercaya membantu meningkatkan stamina, yang mana dalam kondisi sekarang, bisa mungkin membantu pasien COVID-19.

Bawang putih juga memiliki segudang manfaat lain, seperti menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah, dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Beragam penelitian pernah dilakukan untuk menelusuri manfaat bawang putih bagi kesehatan. Dilansir dari laman Hello Sehat, bawang putih diperkaya oleh senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida.

Zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin. Bawang putih, rempah dengan aroma dan rasa yang khas ini, memiliki senyawa khusus yang dapat menunjang kesehatan manusia.

Selain zat-zat sulfur yang terkandung, ada senyawa lain yang dimiliki bawang putih, seperti vitamin B6, selenium, dan vitamin C.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat yang diberikan dari bawang putih, selain memberikan tenaga pada penderita COVID-19.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengatasi Pilek, Radang, dan Batuk

Selama ini bawang putih dikenal sebagai satu di antara tambahan bumbu masakan. Ada manfaat lain yang diberikan oleh bawang putih.

Bawang putih mengandung senyawa aktif allicin yang mampu mampu memperkuat daya tahan tubuh. Mengonsumsi bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, flu, batuk, dan radang tenggorokan.

Dalam penelitian menyatakan bahwa, orang yang rutin mengonsumsi bawang putih sebagai obat alami mengatasi flu, lebih cepat dalam proses penyembuhan dibandingkan yang tidak mengonsumsi bawang.

3 dari 6 halaman

2. Mencegah Kanker

Bawang putih mampu memberikan efek melawan aktivitas sel kanker di dalam tubuh. Hal itu didukung dengan sifat antikanker yang ada dalam bawang putih.

Jika Anda mengonsumsi bawang putih memiliki risiko rendah terkena kanker usus besar dan kanker lambung.

National Cancer Institute merekomendasikan agar Anda bisa mengonsumsi bawang putih utuh daripada menggunakan suplemen diet bawang putih.

4 dari 6 halaman

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dengan mengonsumsi sekitar 10 gram bawang putih mentah telah terbukti bisa mencegah kolesterol tinggi (LDL) dalam dua bulan. Senyawa allicin yang ada dalam bawang putih mampu menghambat enzim yang berperang dalam pembuatan kolesterol.

Selain itu, bawang putih yang diolah menjadi ekstrak dipercaya mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya bawang putih adalah menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi ekstrak dari bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan bagi kesehatan jantung.

Bawang putih memberikan efek pengencer darah dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Bawang putih juga dipercaya bisa mengatur ritme jantung dan melindungi dari gumpalan darah karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

6 dari 6 halaman

5. Memberikan Energi pada Tubuh

Jika Anda merasa lelah dan letih, mengonsumsi bawang putih bisa menjadi pilihan alternatif penambah stamina pada tubuh. Manfaat bawang putih telah terbukti dari sebuah studi yang menyatakan bahwa mengonsumsi bawang putih mampu mengatasi rasa lelah karena berolahraga.

Dalam beberapa kasus virus corona, diketahui bahwa penderitanya dapat merasa kurang bertenaga dan selalu merasa lelah. Hal tersebut tentu dapat sedikit diatasi dengan rutin mengonsumsi bawang putih.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Alfi Yuda/Editor: Aning Jati, published 2/4/2020)

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.