Sukses

7 Tips Sehat Beli Makanan Secara Online di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Memesan makanan secara online jadi opsi saat isolasi diri pada masa pandemi virus corona. Berikut tips agar makanan yang dibeli tetap sehat.

Jakarta - Virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO. Per Senin (30/3/2020) lebih dari 650 ribu orang di seluruh dunia positif terjangkit virus ini dengan angka kematian mencapai 33.257.

Sementara di Indonesia, per Selasa (31/3/2020) 1.414 orang positif terjangkit virus corona dan 122 meninggal.

Penyebaran secara masif virus ini membuat pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan physical distancing.

Di sisi lain, physial distancing membuat interaksi sosial masyarakat menjadi berkurang. Pasalnya, seseorang akan berada di dalam rumah dan hanya keluar jika dalam kondisi mendesak.

Selama menjalani physical distancing, masyarakat perlu memasok bahan makanan. Bagi mereka yang tak sempat memasok makanan, tidak memiliki keahlian dalam memasak, tak memiliki cukup waktu, hingga agar tak sekadar bosan, memesan makanan secara online bisa menjadi solusi.

Mereka bisa memercayakan ketersediaan asupan tetap terpenuhi tanpa perlu repot-repot memasak. Namun, Anda tetap perlu waspada dalam situasi pandemi virus corona seperti sekarang.

Anda bisa mulai dengan memperhatikan media pengantar makanan ke rumah. Pasalnya, virus corona bisa bertahan hidup pada benda seperti tembaga (4 jam), karton (24 jam), stainless steel (48 jam), dan plastik (72 jam).

Untuk itu, perlu tindakan pencegahan agar makanan yang dipesan secara online tetap sehat dan tak terpapar virus corona dari luar. Berikut beberapa tips yang dirangkum Bola.com dari Real Simple, Selasa (31/3/2020).

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Sehat Membeli Makanan Online saat Pandemi Virus Corona

1. Hindari membeli makanan secara online jika Anda atau keluarga serumah ada yang sakit, menunjukkan gejala, lansia, atau berisiko tertular COVID-19. Lebih sehat jika mengolah makanan sendiri.

2. Hindari menyentuh permukaan seperti gagang pintu saat menjemput pesanan.

Cuci tangan Anda atau gunakan pembersih tangan (kadar alkohol minimal 60 persen) setelah penukaran barang, dan hindari menyentuh wajah Anda sebelum membersihkan tangan.

3. Bila memungkinkan pilih opsi tinggalkan makanan di pintu atau buat kotak khusus di luar agar kurir bisa meletakkan di sana.

4. Pindahkan makanan ke piring atau wadah lain.

5. Segera buang kotak makanan ke tempat sampah.

6. Bersihkan permukaan rumah yang bersentuhan dengan kantong pengiriman.

7. Cuci tangan Anda dengan benar sebelum dan sesudah makan.

Sumber: Real Simple

 

3 dari 3 halaman

#amandirumah

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini