Sukses

Kurangi Antrean di Rumah Sakit, Cek Corona Covid-19 Melalui Fitur Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan jalin kerja sama dengan sebuah startup pelayanan kesehatan digital, SehatQ. Kerja sama ini dilakukan guna menangani pandemi COVID-19 atau yang leih dikenal dengn virus Corona.

SehatQ menyediakan fitur cek risiko corona secara mandiri melalui situs sehatq.com. Pengecekan ini dapat dilakukan di rumah tanpa dipungut biaya.

Sebelumnya fitur tes mandiri ini telah dikembangkan oleh tim dokter SehatQ sesuai panduan Kemenkes RI. Pengguna cukup membuka situs SehatQ dan dapat langsung memanfaatkan fitur tersebut.

"Fitur Cek Risiko Covid-19 ini penting untuk mengurangi kepadatan di fasilitas kesehatan, dan tentunya mendukung imbauan dari pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing dalam memutus rantai penularan virus," kata Dewi Bramono, Direktur SehatQ.

Tes mandiri Corona akan memudahkan pengguna dalam mendapatkan rekomendasi yang sesuai mengenai perlu atau tidaknya pemeriksaan lanjutan di fasilitas kesehatan. Konsultasi daring dapat dilakukan bagi pengguna yang tidak memerlukan kunjungan fisik. Dengan ini, masyarakat bisa mendapat pelayanan tepat tanpa harus keluar rumah.

 

2 dari 3 halaman

Kebutuhan Masyarakat Akan Informasi Tentang COVID-19

Menurut data yang dihimpun SehatQ, jumlah pengguna yang mengajukan pertanyaan tentang virus corona Covid-19 meningkat secara signifikan. Masyarakat ingin mencari informasi tentang gejala infeksi Covid-19.

Mulai dari cara mencegah penularan, perbedaan status orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), hingga rekomendasi makanan serta vitamin untuk menghalau infeksi tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Dukung Imbauan Pemerintah

Fitur tes mandiri Cek Risiko Covid-19, Chat Dokter, serta Portal Informasi Coronavirus dapat mendukung imbauan pemerintah terkait penerapan social distancing.

Namun, jika pengguna memang harus menjalani pemeriksaan fisik langsung, SehatQ memiliki fitur Booking Dokter yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko antrean di rumah sakit.

(Ade Nasihudin Al Ansori / Aditya Eka Prawira)

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua
Loading
Artikel Selanjutnya
Pandemi Corona Covid-19, Hindari Berolahraga dalam Kondisi ini
Artikel Selanjutnya
Pandemi Corona Covid-19: Yang Harus Dilakukan jika Anggota Keluarga Sering Keluar-Masuk Rumah