Sukses

Kerja di Rumah Akibat Virus Corona Covid-19, Begini Tips Agar Anak Tak Jenuh

Ada beberapa cara agar kondisi psikologis anak tetap terjaga di tengah situasi menjaga jarak sosial akibat virus corona covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Imbauan untuk melakukan social distancing atau jarak sosial akibat virus corona covid-19 ternyata berdampak pada hubungan sosial anak. Terlebih keluarga diminta untuk menghindari tempat ramai seperti pantai, mal, dan tempat hiburan lainnya.

Namun, bukan berarti mereka tidak bisa beraktivitas meski berada di rumah saja. Ada beberapa cara agar kondisi psikologis anak tetap terjaga di tengah situasi menjaga jarak sosial akibat virus corona covid-19.

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang Hartono Gunardi mengatakan bahwa orangtua bisa menggunakan permainan untuk menjaga anak tidak bosan meski berada di rumah saja.

"Permainan yang mana, tergantung usianya. Anak kelas lima lain dengan anak umur tiga tahun. Jadi anak-anak yang sudah besar bisa diberikan buku bacaan mungkin, bisa nonton film yang mempunyai pesan moral yang baik, misalnya seperti itu," kata Hartono dalam sebuah temu media di Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Kamis (19/3/2020).

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Gim Online

Sementara untuk bersosialisasi dengan orang lain, Hartono menegaskan anak tetap bisa menghubungi teman-temannya lewat sarana komunikasi yang tersedia namun tidak secara langsung selama dua minggu.

"Telepon atau gim. Gim juga ada yang online kan. Bisa saling bermain bersama tapi dari sebelah rumah juga bisa. Bisa main catur dari sini ke lawan yang di India juga bisa. Jadi no problem. Dengan online kita bisa melakukan permainan," kata Hartono.

Selain permainan, Hartono juga menyarankan orangtua menggunakan musik agar anak tidak bosan berada di rumah secara terus menerus.

"Kita tahu bahwa kalau orang dikurung dua minggu kesal juga ya. Salah satu terapinya adalah terapi musik. Bisa meningkatkan suasana hati menjadi gembira," ujarnya.

Sementara itu, untuk pendampingan psikologis, hal tersebut tergantung dari kondisi setiap anak.

Hartono menegaskan bahwa situasi menjaga jarak sosial berarti anak tidak boleh keluar rumah. Apabila benar-benar ingin mengajak mereka keluar ruangan, boleh saja mengajaknya keluar asal jangan bertemu atau berkontak langsung dengan orang lain.

Disadur dari: Kanal Health Liputan6.com (penulis Giovani, editor Fitri, published 20/3/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.