Sukses

Alasan 2 Bintang Baru Belum Bersinar di Persija Versi Legenda

Jakarta - Osvaldo Haay dan Marc Klok diharapkan dapat menjadi tulang punggung skuat bertabur bintang Persija di Shopee Liga 1 musim ini. Namun, ekspektasi belum sejalan dengan realita.

Ketika Persija membungkam Borneo FC dengan skor 3-2 pada pekan pertama, Osvaldo mencetak gol pembuka timnya pada menit ke-21. Namun setelah itu, kontribusinya kurang terlihat.

Lagi-lagi Persija mengandalkan Riko Simanjutak, ketimbang Osvaldo agar kreasi serangan lebih bervariatif, untuk melayani Marko Simic di lini depan.

Saat Persija bemain imbang kontra Bhayangkara FC pada pekan kedua, penampilan Osvaldo juga belum meningkat. Mantan winger Persebaya Surabaya itu terlihat banyak kehilangan bola.

Kondisi yang sama dialami Klok. Pada laga pertama, performa eks gelandang PSM Makassar itu terbantu oleh kegemilangan Evan Dimas Darmono.

Masih dipercaya bermain ketika berjumpa Bhayangkara FC, permainan Klok tidak berkembang pada babak pertama. Alhasil, pada jeda turun minum, pelatih Sergio Farias menggantikannya dengan Novri Setiawan.

Bek Persija, Ismed Sofyan, meminta para pendukung untuk sabar menanti performa maksimal dari Osvaldo dan Marc Klok. Ditambah, keduanya juga terbilang telat bergabung dengan tim ibu kota.

Saat Persija telah memulai latihan pada Januari 2020, Osvaldo dan Klok baru berkumpul pada Februari lalu. "Mungkin sekarang dengan pelatih baru otomatis strategi atau taktik yang dimainkan masih belum sepenuhnya jalan," ujar Ismed.

"Jadi, mungkin mereka butuh waktu lagi untuk adaptasi. Butuh waktu untuk menyesuaikan apa yang diinginkan pelatih," ucap Ismed yang juga legenda Persija itu menambahkan.

2 dari 3 halaman

Hargai Kerja Keras Osvaldo dan Klok

Menurut Ismed, Osvaldo dan Marc Klok telah bekerja keras pada latihan. Saat dipercaya bertanding pun, keduanya mematuhi arahan Farias.

"Setidaknya, mereka sudah berusaha keras untuk melakukan instruksi pelatih. Cuma masalahnya keduanya belum maksimal saja," jelas Ismed.

Jika tak kunjung menemukan performa terbaiknya, Osvaldo dan Marc Klok perlu cemas. Pasalnya, persaingan di skuat Persija sangat ketat.

Osvaldo bisa disingkirkan dari posisi utama oleh Novri Setiawan dan Heri Susanto. Adapun Marc Klok, dibayangi Ramdani Lestaluhu dan Sandi Sute.

Disadur dari: Bola.com (penulis M Adiyaksa, editor Rizki, published 20/3/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: