Sukses

Bukan Hasil Pramusim, Perkembangan Pemain Persib yang Bikin Robert Senang

Liputan6.com, Bandung Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menyatakan hasil positif yang diraih tim asuhannya saat menjalani laga uji coba pramusim bukan sebagai tolak ukur. Dia mengaku lebih menyoroti perkembangan dari setiap pemain Persib untuk menghadapi Liga 1 2020.

Maung Bandung telah meraih lima kemenangan dalam uji coba. Kelimanya diperoleh saat menghadapi Hanoi FC (2-0), Melaka United (2-1), Barito Putera (2-0), Persis Solo (2-0) dan PSS Sleman (2-0).

Sementara dua laga lainnya berakhir dengan kekalahan yakni saat melawan Selangor FA (0-3) dan PSCS Cilacap (1-3). Catatan untuk laga PSCS tanpa didampingi Robert dan mayoritas pemain yang diturunkan adalah para pemain muda.

"Di masa pramusim, hasil di uji coba bukan yang dicari. Semua harus diedukasi dalam pramusim," katanya.

Robert menambahkan, tujuan yang dicari dalam pramusim adalah perkembangan dari pemain itu sendiri. Mencakup di antaranya stamina, formula tim, hingga formasi yang digunakan.

"Tapi banyak orang yang lebih menuntut hasil di pramusim. Jika melihat di negara yang sudah lebih maju, mereka tidak fokus pada hasil dan fokus membawa tim kembali ke jalurnya. Namun lebih memadukan pemain baru untuk bisa menyatu dengan sistem di dalam tim dan pemain yang sudah ada," ucap pria yang telah memasuki musim keduanya menangani  Persib itu.

2 dari 4 halaman

Menang Tidak Penting

Pelatih 65 tahun ini mengaku sekarang fokus kepada perkembangan tim Persib. Sehingga ketika liga mulai, timnya dapat meraih hasil positif.

"Jadi ketika kami menang dua kali beruntun di uji coba, bagi saya itu tidak penting. Tapi yang penting adalah perkembangan tim. Saya melihat pemain baru beradaptasi, harmoni tim di dalam dan luar lapangan dan bagaimana melihat tim melaju ke arah yang benar," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Perkembangan Positif

Robert menyimpulkan bahwa selama dua bulan terakhir, para pemain Persib terus menunjukkan perkembangan positif.

"Soal hasil, saya tidak melihat itu karena kemenangan hanya bonus dari apa yang sudah kami kerjakan. Kami ingin memenangi setiap pertandingan tapi perkembangan tim menjadi prioritas," tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Persib di Bawah Ini

Juventus Ngotot Datangkan Pogba, Siap Korbankan 3 Pemain
Loading