Sukses

2 Isyarat Valentino Rossi Belum Mau Pensiun pada 2021

Jakarta - Masa depan Valentino Rossi pada MotoGP 2021 masih menjadi tanda tanya. Namun, pembalap asal Italia tersebut mengisyaratkan belum mau pensiun pada tahun depan. 

Nasib The Doctor menjadi teka-teki setelah Yamaha mengumumkan akan mengandalkan duet Maverick Vinales dan Fabio Quartararo mulai MotoGP 2020. Artinya, Valentino Rossi terdepak dari tim pabrikan Yamaha. 

Yamaha memilih fokus ke regenarasi pembalap satu di antara alasannya karena ingin menghentikan superioritas Honda yang berjaya melalui Marc Marquez. Selain itu, Valentino Rossi juga sudah sulit untuk bersaing kompetitif pada pacuan gelar juara dunia MotoGP. 

Bukti yang tak terbantahkan adalah Rossi hanya finis di posisi ketujuh pada musim lalu. Pembalap yang identik dengan nomor 46 tersebut bahkan kalah dari Quartararo yang menempati urutan kelima dan dinobatkan sebagai rookie terbaik. 

Rossi sepenuhnya menyadari posisinya. "Apa yang terjadi sudah saya prediksi akan terjadi sejak paruh kedua musim lalu. Ketika Yamaha bertanya kepada saya apa yang ingin dilakukan, saya bilang tak bisa menjawab," kata Rossi dalam wawancara dengan Morosprint, seperti dilansir Tuttomoriweb, Jumat (14/2/2020). 

"Saya tahu jawaban itu ada konsekuensinya. Tapi saya tak ingin memaksa diri sendiri, karena jika sudah tak kompetitif tahun ini, saya tak akan memperpanjang kontrak," imbuh Valentino Rossi

 

2 dari 4 halaman

Kontrak Satu Tahun

Valentino Rossi menyadari keputusan terkait kelanjutan masa depannya di MotoGP tak bisa diambil sembarangan. MotoGP adalah olahraga berat. 

Saat ini, Rossi telah berusia 40 tahun. Artinya, jika dia memutuskan tetap membalap pada tahun depan, usianya sudah menginjak 41 tahun. 

"MotoGP sangat menuntut, ada banyak balapan dan sedikit waktu untuk beristirahat. Saat tak membalap Anda masih harus berpartisipasi pada event. Jadi, untuk melakukannya Anda harus punya motivasi hebat," kata Rossi. 

Meski demikian, Rossi memberikan dua isyarat belum akan pensiun pada tahun depan. Isyarat pertama adalah lanjut membalap masih menjadi pilihan pertamanya. 

"Idenya adalah lanjut. Tapi, saya harus membuktikan diri masih bisa membalap cepat dengan motor ini," ujar Rossi. 

Adapun isyarat yang kedua, Rossi mengatakan mulai tahun depan hanya akan meneken kontrak berdurasi setahun di setiap musimnya. "Mulai 2021, kontrak yang ditandatangani hanya untuk satu tahun. Saya rasa akan memutuskan pada musim panas. 

 

3 dari 4 halaman

Opsi untuk Rossi

Setelah terdepak dari tim pabrikan Yamaha, Valentino Rossi punya dua opsi untuk musim depan. Opsi pertama tentu saja pensiun dari dunia yang membesarkan namanya tersebut. 

Yamaha sudah menyatakan akan tetap menggandeng Rossi untuk bekerja sama jika sang legenda hidup MotoGP tersebut pensiun. Yamaha akan membantu pengembangan tim balap dan akademi balap milik The Doctor. Selain itu, Rossi akan didapuk menjadi brand ambassador Yamaha. 

Opsi kedua Rossi meneken kontrak untuk menjadi pembalap tim satelit Yamaha. Pembalap asal Tavullia itu akan memperkuat tim Petronas Yamaha SRT. Yamaha juga sudah menegaskan akan memberikan motor standar pabrikan meskipun Rossi membalap untuk tim satelit. 

Pilihan sepenuhnya ada di tangan Valentino Rossi. The Doctor dikabarkan akan membuat keputusan sebelum balapan MotoGP Italia 2020. 

Sumber: Tuttomoriweb

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

4 dari 4 halaman

Video Valentino Rossi

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadwal MotoGP 2020: Pertarungan Pamungkas Valentino Rossi?
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Jorge Lorenzo Beri Syarat jika Ingin Berlomba Lagi