Sukses

Kapten Timnas Putri Kanada Torehkan Sejarah Baru

Christine Sinclair, kapten Timnas Putri Kanada, jadi pemain dengan koleksi gol internasional terbanyak sepanjang sejarah.

Jakarta Kapten Timnas Putri Kanada, Christine Sinclair, 36 tahun, berhasil menjadi pencetak gol terbanyak untuk timnas sepanjang sejarah. Prestasi ini mengalahkan torehan pesepak bola putra.

Christine Sinclair mencetak dua gol saat Timnas Putri Kanada bersua Saint Kitts and Nevis dalam kualifikasi Olimpiade zona CONCAFAF di H-E-B Park in Edinburg, Texas, Rabu (29/1/2020).

Dua gol Sinclair dicetak lewat penalti pada menit ketujuh dan ke-23', sekaligus gol keempat Kanada pada laga itu. Pertandingan berakhir dengan skor 11-0 untuk kemenangan telak Kanada.

Tambahan dua gol membuat koleksi gol internasional Sinclair menjadi 185. Jumlah itu satu gol lebih banyak dari rekor sebelumnya, 184, yang dimiliki mantan pemain Timnas Putri Amerika Serikat, Abby Wambach.

Wambach, yang gantung sepatu pada 2015, mengoleksi 184 gol dalam total 255 penampilan.

Koleksi 185 gol Sinclair jauh melebihi yang dibukukan pemain putra. Ali Daei, pencetak gol terbanyak internasional, "hanya" mengoleksi 109 gol selama memperkuat Timnas Iran.

Butuh 20 tahun buat Sinclair untuk mencatatkan jumlah gol internasional sebanyak itu. Pundi-pundi golnya dibuka pada Maret 2020. Koleksi gol-gol pemain Portland Thorns tersebut termasuk 10 gol di Piala Dunia Wanita dan 11 gol di ajang Olimpiade.

Ia paling sering menjebol gawang Meksiko, yakni 16 gol, disusul China, Kosta Rika, dan Jamaika masing-masing 11 gol, serta Korea Selatan sembilan gol.

Secara khusus, laga melawan Saint Kitts and Nevis menjadi pertandingan ke-290 Sinclair buat Kanada.

Sinclair berhasil menjebol gawang 21 negara berbeda, dalam 42 tim lawan berbeda. Timnas Putri Kanada membukukan kemenangan 76 persen pertandingan di saat dia berhasil mencetak gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Selamat

Prestasi yang ditorehkan Sinclair ini mendapat perhatian dari berbagai kalangan.

Pencetak rekor sebelumnya, Wambach, tak kecewa rekornya dipecahkan Sinclair. Alih-alih, ia justru mengucapkan selamat dan meminta pencapaian Sinclair bisa jadi inspirasi sekaligus motivasi bagi pemain-pemain putri muda untuk berlomba membukukan prestasi setinggi mungkin.

"Sejarah telah tercipta. Kemenanganmu adalah kemenangan kami. Kami merayakannya denganmu. Dan untuk setiap calon pemain putri di tim (Pack) dengan mimpi mencapai apa yang bahkan belum tercipta: Kami percaya padamu. Tim ini bersamamu. Sejarah bersamamu," tulis Wambach melalui media sosial personalnya.

Presiden CONCAFAF, Victor Montagliani, menyebut rekor Sinclair sebagai prestasi luar biasa.

"Dia melampaui olahraga dan merupakan anutan yang luar biasa bagi orang-orang di seluruh negeri," ujar Montagliani, yang juga warga Kanada.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau juga turut memberikan komentar dalam cuitan di akun Twitter-nya.

"Dia berhasil melakukannya! Christine Sinclair sekarang pencetak gol terbanyak internasional sepanjang sejarah. Selamat, Sinclair, Kamu hebat!"

Sumber: Global News, MLS Soccer

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Aning Jati / Editor: Wiwig Prayugi, published 31/1/2020)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.