Sukses

Nikmati Bus Tanpa Sopir di SEA Games 2019

New Clark SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina berusaha menjaga kenyamanan para penonton dan atlet yang tampil pada ajang ini. Salah satunya dengan menyiapkan shuttle bus dengan teknologi self-driving.

Angkutan tersebut akan ditempatkan di sekitar New Clark City, Capas, selama SEA Games 2019 berlangsung.

Kendaraan tanpa pengemudi tersebut diproduksi oleh perusahaan yang berkantor di Amerika Serikat, yaitu Coast Autonomous. Perusahaan tersebut telah melakukan uji coba kendaraan serupa di beberapa negara, seperti Hong Kong, Inggris, Prancis, dan Singapura.

Direncanakan, kendaraan itu akan sampai di Filipina pada Kamis mendatang. Pihak penyelenggara akan langsung melakukan uji coba demi memastikan keamanan dari kendaraan otomatis tersebut.

Kendaraan tanpa pengemudi tersebut bisa menampung hingga 12 penumpang dalam sekali jalan. Kendaraan tersebut dilengkapi dengan sensor untuk berkendara di sekitar New Clark City.

“Kami memiliki serangkaian sensor pada kecerdasaan buatan kendaraan dan pembelajaran mesi serta robotika. Dengan cara itulah kendaraan kami bekerja,” ujar David Hickey, CEO Coast Autonomous, kepada ABS-CBN.

“Kami menggunakan sensor dengan tujuh jenis yang berbeda agar mengetahui kendaraan tersebut berada. Melalui fungsi sensor, kami dapat menyusun berbagai teknik berbeda dan tahu apa yang harus dioperasikan,” kata Hickey.

 

2 dari 2 halaman

Tanpa Pengemudi

Kendaraan tersebut tidak menggunakan bahan bakar minyak, sehingga setiap enam jam sekali harus diisi ulang daya. Kendaraan tanpa pengemudi itu diprediksi dapat beroperasi selama 18 jam dan mampu melaju hingga 25 mil perjam.

“Kami mengisi ulang kendaraaan setiap hari. Kendaraan kami akan periksa setiap hari,” ungkap Pier Lefevre, petugas Coast Autonomous.

Sebagian besar cabang olahraga SEA Games 2019 akan berlangsung di New Clark City, Filipina. Upacara pembukaan SEA Games 2019 akan berlangsung di Philippine Arena pada 30 November 2019. 

 

(Bola.com/Tegar Juel)

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Penyebab Pelatih Vietnam Enggan Terima Medali Emas SEA Games 2019
Artikel Selanjutnya
Berprestasi di SEA Games Filipina, Menpora Berikan Bonus Kepada Ratusan Atlet