Sukses

Manfaat Madu dan Habbatussauda untuk Kesehatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Madu dan habbatussauda atau jintan hitam bukan hanya bisa dikonsumsi, tapi juga dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Selain menjaga kesehatan dari dalam tubuh, madu dan habbatussauda juga bisa sebagai sabun untuk menjaga kesehatan kulit.

Praktisi kesehatan Islam Ustadz Febri Sugianto mengatakan bahwa madu memiliki manfaat untuk kulit. Dia mengatakan, dalam sebuah penelitian, terungkap bahwa cairan tersebut bisa menjadi pengawet alami dan anti-bakteri.

"Madu selain untuk konsumsi juga dapat digunakan pada kulit, karena memiliki kemampuan antiseptik dan kandungan antibakteri alami yang memastikan kondisi kulit tetap sehat serta terlindungi dari kuman," kata Febri dalam peluncuran Lifebuoy Honey & Habbatussauda di Jakarta pada Rabu (20/11/2019).

Febri melanjutkan, habbatussauda mengandung asam yang menjaga kelembapan pada kulit. Selain itu mereka juga bermanfaat sebagai antibakteri.

"Jadi kalau misalnya sabun ada habbatussauda, habbatussauda itu memiliki anti-alergi. Dia memiliki antihistamin aktif dengan cara proses didinginkan. Maka tepat kalau (mandi) dilakukan dengan habbatussauda, disabun lalu kena air, karena dia memiliki anti-iritasi, antialergi aktif pada kulit," kata Febri.

2 dari 3 halaman

Telah Digunakan Masyarakat Muslim Sejak Zaman Dahulu

Soal halal, kedua bahan alam tersebut juga cocok bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Muslim. Menurut Maulani Affandi, Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia, keduanya telah digunakan dan dikenal manfaatnya oleh masyarakat Muslim sejak zaman dahulu.

"Habbatussauda atau jintan hitam telah dipercaya sejak dahulu pada zaman Nabi Muhammad, untuk menjaga kesehatan kulit, bebas jerawat, serta dapat menyembuhkan banyak penyakit," kata Febri menjelaskan.

Walau begitu, tidak hanya untuk masyarakat Muslim saja, Febri mengatakan bahwa selain di Alquran, manfaat madu juga terdapat di beberapa kitab agama lain.

3 dari 3 halaman

Rajin Membersihkan Diri

Yang terpenting, Febri mengatakan bahwa penting bagi seseorang untuk rajin membersihkan diri. Hal ini karena kebersihan sangat lekat dengan nilai-nilai Islam.

"Untuk kebersihan tubuh dan kulit, Nabi Muhammad dan para sahabat telah memberikan teladan bagi umat Islam dengan menjadikan kebersihan sebagai bagian yang melekat dalam kehidupan sehari-hari, salah satu yang penting adalah wudhu."

(Giovani Dio Prasasti/Dyah Puspita Wisnuwardani)

Loading
Artikel Selanjutnya
Apa Jadinya Bila Madu Menjadi Racun?
Artikel Selanjutnya
Tak Cuma Dikonsumsi, Madu dan Habbatussauda Juga Bagus untuk Kulit