Sukses

Terapkan Teknologi MotoGP, Intip Senjata Baru Honda di WSBK 2020

Liputan6.com, Milan - Setelah sukses di ajang MotoGP, Honda mengincar gelar yang sama di ajang World Super Bike (WSBK) 2020. Selain mendatangkan pembalap baru, Honda Racing Coorporation HRC) juga akan menurunkan motorsport model anyar, CB1000-RR-R pada balapan tahun depan.

HRC telah merilis susunan pembalap yang akan tampil di berbagai balapan 2010. Di lintasan MotoGP, HRC masih mengandalkan duet Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Seperti diketahui tahun ini Marquez kembali menjuarai balapan motor paling bergengsi di dunia tersebut. 

Sukses Marquez juga diikuti dua pembalap lainnya, yang tampil di arena offroad. Tim Gajser menjadi juara dunia MXGP, sementara Toni Bou merajai kejuaraan dunia motor Trial.

Untuk menghentikan dominasi Ducati, HRC pun merombak skuatnya dengan mendatangkan Leon Haslam dan Alvaro Bautista. Haslam yang sebelumnya pernah memperkuat Honda adalah juara British Super Bike 2018, sedangkan Bautista, eks Auba.it racing Ducati. 

Selain mendatangkan pembalap berpengalaman, Honda juga telah menyiapkan senjata yang bakal digunakan kedua pembalap di arena WSBK nanti. Dalam acara peluncuran produk baru yang berlangsung di Milan, pekan lalu, Honda resmi memperkenalkan motor CBR1000-RR-R. 

"Tahun depan kami akan berusaha kompetitif di world super bike dengan CB1000-RR-R," kata Chief Officer Motorcycle Operations of Honda Motors, Noriake Abe belum lama ini.

Sepeda motor ini juga dipamerkan di ajang EICMA 2019 di Fiera Milano, Milan, 7-10 November lalu. Seperti apa ketangguhannya?

 

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Honda CBR1000-RR-R

Honda CB1000-RR-R terdiri dari dua varian, yakni CB1000-RR-R dan CB1000-RR-R SP. Sejak pertama kali diluncurkan 1992 lalu, motorsport ini sudah banyak mengalami perubahan.

Yang paling terlihat adalah pada bagian fairing baru yang mengaplikasi teknologi balap MotoGP. Fairing baru menggunakan winglet demi aerodinamika yang lebih baik.  

Untuk bagian mesin, Honda membangun mesin inline-4 dengan teknologi mesin V4 yang digunakan tunggangan Marc Marquez, RC213V, pada balapan motor MotoGP. Mesin baru ini mampu tenaga hingga 215 dk/14.500rpm dengan torsi 113 Nm 12.500 rpm. 

CB1000-RR-R juga dilengkapi 6 poros IMU dan perangkat elektronik terbaik. Sementara untuk versi SP bakal tersedia dengan pilihan suspensi Ohlins dan Brembo brakes.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Yamaha Beri Sinyal Pertahankan Maverick Vinales Usai MotoGP 2020, Valentino Rossi Tergusur?
Artikel Selanjutnya
Johann Zarco Selangkah Lagi Gabung Ducati, Simak Target Ambisiusnya