Sukses

Forum Pelatih Eropa Desak UEFA Perbaiki VAR

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyarankan UEFA untuk memperbaiki VAR. Pernyataan itu disampaikan Klopp ketika menghadiri forum pelatih di bawah UEFA di Nyon, Swiss.

Liputan6.com, Nyon - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyarankan UEFA untuk memperbaiki VAR. Pernyataan itu disampaikan Klopp ketika menghadiri forum pelatih di bawah UEFA di Nyon, Swiss.

Sistem VAR (Video Asisten Wasit) belakangan menjadi topik yang hangan untuk dibicarakan. Klopp sendiri akhir pekan lalu terlibat dalam pertandingan yang membuat VAR panas diperdebatkan.

Dalam laga Liverpool kontra Manchester City, sebuah permintaan review kontroversial VAR, yang bisa membuat The Citizens dihadiahi penalti karena bola dianggap menyentuh tangan bek kanan The Reds, Trent Alexander-Arnold.

Bukan hanya tak berhasil mendapat review VAR untuk mementahkan keputusan wasit, City juga tidak memberikan hadiah penalti. Bahkan dalam momen 22 detik kemudian gelandang Liverpool, Fabinho mencetak gol indah dari luar kotak penalti, tak lama setelah anak-anak asuhan Pep Guardiola sibuk berdebat soal insiden itu. Liverpool akhirnya menang 3-1 atas City.

Selain Klopp, Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane, dan Thomas Tuchel dari Paris Saint-Germain juga tampak menghadiri forum pelatih UEFA di Nyon, Swiss, Senin waktu setempat. Unai Emery, Carlo Ancelotti, dan Massimiliano Allegri juga terlihat.

"Sudah jelas ini proses di mana mereka (UEFA) harus terus memperbaikinya," ungkap Klopp, seperti dikutip AFP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Baru VAR

"Sistem itu dapat ditingkatkan, banyak hal harus dilakukan manusia dan kita juga tidak 100 persen benar. Ada ruang terjadi kesalahan, tak ada yang meminta kesempurnaan, cuma memiliki keputusan yang benar, itu saja," terang pelatih berpaspor Jerman ini.

Asisten Sekjen UEFA, Giorgio Marchetti, menyatakan perlu adanya keseragaman tetapi dia meminta waktu untuk hadirnya sistem baru yang menjanjikan untuk pemakaian VAR.

3 dari 3 halaman

Butuh Keseragaman

"Sekarang kita punya VAR, ini sangat membantu jika pelatih dan perwakilan wasit bisa membahas bersama. Jangan lupa VAR masih sangat muda dan ini adalah revolusi dalam pertandingan sepak bola. Yang kita semua butuhkan adalah keseragaman," papar Marchetti.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.