Sukses

Jokowi Temui Presiden FIFA, Bahas Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Jokowi bertemu Gianni Infantino di Bangkok, Thailand pada Sabtu (2/11/2019).

Liputan6.com, Bangkok - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada hari Sabtu (2/11/2019). Pertemuan keduanya berlangsung di di The Boardroom Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok, Thailand..

Jokowi menemui Infantino sebelum menghadiri sidang pleno KTT ke-35 ASEAN di Bangkok. Dalam pertemuan tersebut Jokowi menyampaikan bahwa sepak bola merupakan olahraga paling populer di Indonesia. Bahkan, kata dia, saat ini terdapat 1.679 klub sepak bola nasional di Indonesia.

Jokowi juga menyebut bahwa 77 persen rakyat Indonesia cinta sepak bola dan menempatkan Indonesia sebagai negara pecinta sepak bola nomor 2 di dunia.

"Sepak bola adalah sarana memperkuat rasa kesatuan dan kebangsaan rakyat Indonesia. Prestasi dalam sepak bola Indonesia selalu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi dikutip dari keterangan pers Sekretariat Presiden, Minggu (2/11/2019).

Sementara itu, Gianni Infantino menyampaikan sepak bola bukan hanya sekadar olah raga. Lebih dari itu, sepak bola memberikan edukasi tentang kehidupan, serta belajar memberikan respek.

Gianni menyatakan bahwa FIFA telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Dia pun yakin Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik untuk ajang sepak bola internasioanal ini.

"Tentunya kami yakin Indonesia sebagai negara besar dengan 267 juga penduduk, dapat menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi didukung oleh 200 juta fans sepakbola ini penting bagi kami," tutur Gianni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Piala Dunia U-20 2021

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada FIFA yang telah menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-0 pada tahun 2021. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan saat ini pemerintah dengan PSSI telah mulai mempersiapkannya.

"Kami akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 di Indonesia berlangsung sukses dan lancar. Kami telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan juga Asian Para Games 2018," ujarnya.

Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia tengah mempersiapkan 10 stadion yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, dan Bali sebagai lokasi pertandingan. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyambut baik jika Tim Pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI.

"Kami gembira jika ada masukan, termasuk standar kelayakan stadion dan lainnya. Pendampingan juga telah dilakukan oleh Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia), saat Asian Games 2018," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.