Sukses

Pemkab Bogor Anggarkan Rp 132 Miliar Poles Stadion Pakansari untuk Piala Dunia 2021

Pemerintah Kabupaten Bogor sangat percaya diri Stadion Pakansari bakal jadi venue pertandingan dalam Piala Dunia U-20 tahun 2021, meski FIFA belum memutuskan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Bogor sangat percaya diri Stadion Pakansari bakal jadi venue pertandingan dalam Piala Dunia U-20 tahun 2021, meski FIFA belum memutuskan.

Bupati Ade Yasin pun akan mempersiapkan anggaran Rp 132 miliar untuk membenahi infrastruktur serta akses menuju stadion.

Stadion Pakansari masuk 6 besar dari stadion yang diajukan PSSI ke FIFA. Namun, FIFA sendiri belum memutuskan stadion mana saja yang akan jadi penyelenggara pesta sepak bola terbesar di dunia untuk kelompok umur di bawah 20 tahun itu.

Dari segi aksesibilitas Bupati Ade Yasin optimis Stadion Pakansari akan terpilih jadi venue Piala Dunia. Karena lokasi Stadion Pakansari hanya butuh waktu sekitar 10 menit dari pintu keluar Tol Sentul. Namun, masalah yang dihadapi adalah kondisi jalan untuk masuk dan keluar tol yang sangat memprihatinkan.

"Makanya kita siapkan Rp 100 miliar untuk penataan kawasan menuju stadion. Termasuk infrastrukturnya. Untuk Dinas Pemuda dan olahraga kita berikan Rp 10 miliar untuk merapihkan stadion. Dan ada juga CSR Rp 22 miliar untuk mempercantik kawasan," kata Ade Yasin.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan, FIFA baru akan melakukan inspeksi ke Stadion Pakansari pada Desember 2019.

"Infonya FIFA ke Pakansari bulan Desember. Sebelumnya juga pernah datang buat lihat Stadion Pakansari, lapangan latihan sama Stadion Mini Cibinong. Waktu itu FIFA datang sama Sekjen PSSI," kata Bambang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sesuai Standar Internasional

Bambang menerangkan, kekuatan penerangan di Stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu telah mencapai 1.200 lux di mana hal ini sudah sesuai dengan standar internasional serta mendukung siaran televisi resolusi tinggi.

"Mungkin nanti ada tambahan travo listriknya," ungkapnya.

Sementara anggaran Rp 10 miliar yang akan diberikan Bupati Ade Yasin, Bambang menjelaskan akan digunakan untuk perawatan rumput, pengecatan stadion, pembuatan lift untuk penonton disabilitas serta perbaikan lampu.

Reporter : Rasyid Ali

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.