Sukses

6 Faktor Penting di Balik Kebangkitan Barcelona Memuncaki Klasemen Liga Spanyol

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona memulai musim 2019/20 dengan tidak ideal. Blaugrana memulai pekan pertama dengan kekalahan dan menghadapi sejumlah kesulitan pada laga-laga berikutnya. Barcelona belum benar-benar tancap gas.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengakui timnya kesulitan. Namun, perlahan-lahan Barcelona kembali ke performa terbaik mereka, setidaknya dapat dilihat dari posisi di klasemen sementara.

Setelah sembilan pertandingan Liga Spanyol, untuk kali pertama Barcelona bisa bertakhta di puncak klasemen. Tidak biasanya Barcelona butuh waktu selama ini, ada banyak masalah yang mengganggu sejak awal. Apa yang membuat Barca tertahan?

Mengamati situasi itu, Marca merumuskan 6 hal penting yang benar-benar membantu Barcelona kembali ke puncak klasemen.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 7 halaman

6. Lebih Baik dari Tahun Lalu

Di tengah kritik yang deras menyerang, Barcelona terbilang melangkah lebih baik dari musim lalu. Pada tahap yang sama, musim ini masih lebih baik dari musim lalu.

Pada dua kesempatan tersebut, Barca sama-sama memuncaki klasemen sementara La liga, tapi kali ini mereka mengantongi satu poin lebih banyak dari musim lalu, mencetak jumlah gol yang sama, dan kebobolan satu gol lebih sedikit.

 

 

3 dari 7 halaman

5. Selamat Tanpa Messi

Barcelona dipaksa menemukan cara menang tanpa Lionel Messi. Sang kapten sudah melewatkan lima dari sembilan pertandingan di La Liga sejauh ini.

Meski tanpa sang megabintang, Blaugrana bisa bertahan hidup, dan kini Messi telah kembali lewat dua gol dan satu assist pada dua pertandingan terakhirnya.

 

4 dari 7 halaman

4. MSG Mulai Terbentuk

Kemenangan atas Eibar akhir pekan lalu mungkin membuktikan bagaimana bentuk lini serang Barcelona dengan Messi-Suarez-Griezmann.

Barca pernah mencoba Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho, keduanya terbilang gagal menyamai level Messi dan Suarez. Kini, Griezmann yang dipercaya menjadi partner dua striker mematikan itu.

 

5 dari 7 halaman

3. Perkembangan Defensif

Barcelona bisa menjaga kekuatan defesif mereka. Tidak hanya di lapangan, melainkan juga di luar lapangan. Ada sejumlah bek yang cedera sejak musim panas lalu.

Sekarang, Sergi Roberto bisa bermain sebagai gelandang. Samuel Umtiti dan Jordi Alba sudah kembali dan membantu Barca meraih clean sheet atas Eibar.

 

 

6 dari 7 halaman

2. Skuat Melimpah

Musim ini bisa jadi merupakan saksi skuad terkuat Barcelona di bawah Valverde. Ada banyak pemain yang sama kuatnya di beberapa posisi sama.

Situasi ini sulit, tapi menguntungkan. Barca bisa selamat ketika diterpa badai cedera, yang bisa membuat mereka berada di puncak klasemen sekarang.

 

7 dari 7 halaman

1. Gol, Gol, Gol!

Di awal musim, Barcelona sulit mencetak gol selain ketika bermain di kandang. Namun, dewasa ini Suarez mulai menemukan performa terbaiknya, Messi sudah pulih, dan pemain-pemain cadangan Barcelona siap mencetak gol saat dimainkan.

Tercatat, hanya dalam empat pertandingan terakhir di semua kompetisi, Barca mampu membungkus 11 gol.

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.net (Penulis Richard Andreas, Published 22/10/2019)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Barcelona Kemungkinan Gagal Pulangkan Neymar di Januari 2020
Artikel Selanjutnya
Messi Bikin Pemain Barcelona yang Pernah Raih Gelar di Eropa Digaji Seumur Hidup