Sukses

6 Mantan Kiper Timnas Indonesia Ini Dirindukan Warganet

Jakarta - Timnas Indonesia mempertontonkan performa buruk di fase Grup G putaran kedua ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim Merah Putih tak mampu meraih kemenangan saat melawan Malaysia (2-3), dan menyerah 0-3 dari Thailand.

Terparah, skuat racikan Simon McMenemy kalah telak 0-5 di markas Uni Emirat Arab (UAE) pada laga ketiga. Kemerosotan Timnas Indonesia menjadi sorotan para pencinta sepak bola Tanah Air. Mereka menyoroti minimnya kontribusi mengesankan pelatih, pemain, termasuk penjaga gawang.

Tak sedikit warganet menyoroti penampilan kiper Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Bagaimana pun, penjaga gawang adalah satu posisi yang krusial dalam sepak bola.

Apalagi baru-baru ini para pencinta sepak bola Tanah Air dibuat kecewa dengan blunder yang dilakukan oleh dua kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa dan Wawan Hendrawan.

Mereka menilai Andritany tak mampu menjaga gawang dengan maksimal saat menghadapi Malaysia dan Thailand. Sedangkan tangkapan Wawan tak begitu lengket saat melawat ke markas UAE, sehingga gawang Indonesia jebol lima kali.

Mengacu pada hal itu, banyak netizen +62, alias warganet Indonesia merindukan jasa penyelamatan sang mantan-mantan kiper Timnas Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Berikut tim Bola.com merangkum cuitan warganet yang merindukan sosok kiper-kiper lawas yang pernah menjaga gawang Timnas Indonesia

 

2 dari 7 halaman

1. Kurnia Meiga

Pencinta sepak bola Tanah Air tentu tak asing dengan sosok kiper Kurnia Meiga Hermansyah. Penampilannya di bawah mistar gawang kerap menjadi sorotan lantaran banyak melakukan penyelamatan penting.

Sejak 2010, Kurnia Meiga selalu menjadi starter di Timnas Indonesia. Namun, pada September 2017, pengaja gawang yang pernah mambawa Arema FC juara ISL 2009-2010 itu tiba-tiba vakum dari dunia sepak bola karena sakit.

Baru-baru ini, Meiga kembali muncul di hadapan publik melalui unggahan di Instagram. Dari foto tersebut, eks kiper Timnas Indonesia itu telah terlihat kembali sehat.

Tak sedikit pencinta sepak bola yang merindukan aksi Kurnia Meiga bersama Timnas Indonesia. Mulai dari kolom komentar Instagram, hingga mencuit lewat Twitter.

3 dari 7 halaman

2. Markus Horison

Markus Haris Maulana atau yang sebelumnya dikenal sebagai Markus Horison adalah sosok kiper legendaris Timnas Indonesia sebelum Kurnia Meiga.

Kiper yang pernah memperkuat Persib Bandung itu dikenal sebagai penjaga gawang utama Timnas Indonesia sejak 2007. Markus kini tetap berkarier di dunia sepak bola, yakni sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16.

4 dari 7 halaman

3. Ferry Rotinsulu

Mantan Kiper Timnas Indonesia, Ferry Rotinsulu, menjadi salah satu sosok yang dirindukan warganet di tengah keterpurukan Timnas Indonesia. 

Ferry sempat tampil gemilang dengan meraih tujuh gelar juara bersama Sriwijaya FC, termasuk juara Liga Indonesia, dan tiga kali juara Piala Indonesia.

Prestasi Ferry membuatnya terpanggil dan berhasil masuk dalam skuat Timnas Indonesia. Kiper Sriwijaya FC itu menjadi pelapis ketiga setelah Markus Horison dan Jendry Pitoy.

5 dari 7 halaman

4. Jendri Pitoy

Kiper legendaris Timnas Indonesia yang juga dirindukan warganet adalah Yandri Christian Pitoy, alias Jendri Pitoy. Dia telah melanglang buana di sejumlah klub Liga 1, yakni Persipura Jayapura, Persija Jakarta, Persib Bandung, hingga Persebaya Surabaya.

Namun kini aksi Jendri Pitoy di bawah mistar gawang tak lagi bisa dinikmati oleh para pecinta sepak bola Tanah Air. Sang kiper telah memutuskan gantung sarung tangan dan mencoba meniti karier sebagai pelatih.

6 dari 7 halaman

5. Hendro Kartiko

Hendro Kartiko menjadi satu di antara eks kiper Timnas Indonesia yang dirindukan oleh warganet. Dia dipercaya sebagai kiper Timnas Indonesia era 90-an hingga 2000-an. Hendro Kartiko pertama kali tampil untuk Timnas Indonesia pada 1996 menggantikan Kurnia Sandy.

Mantan pemain PSM Makassar itu pernah menjadi man of the match berkat melakukan beberapa penyelamatan, saat Timnas Indonesia bermain 0-0 kontra Kuwait di laga pertama Piala Asia 2000. Bahkan, di Piala Asia 2000 itu dia mendapat julukan "Barthez dari Indonesia". 

7 dari 7 halaman

6. Kurnia Sandy

Timnas Indonesia pernah diperkuat kiper legendaris, yakni Kurnia Sandy. Eks penjaga gawang PSM Makassar itu bahkan sempat bermain di Liga Italia bersama Sampdoria pada musim 1996-1997.

Kurnia Sandy mulai menembus skuat Timnas Indonesia pada ajang Piala Tiger dan Piala Asia 1996 hingga 1998. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Bawa Timnas Indonesia U-22 ke Semifinal SEA Games 2019, Indra Sjafri Perpanjang Rekor Gemilang di ASEAN
Artikel Selanjutnya
Kekuatan Timnas Indonesia U-22 Sudah Diketahui Myanmar