Sukses

Jadi Manajer, Lampard Tiru Gaya Mourinho

London - Manajer Chelsea, Frank Lampard, menganggap Jose Mourinho sebagai mentornya. Ia bahkan meniru gaya The Special One dalam melatih.

Mantan gelandang Timnas Inggris itu pernah dua periode merasakan kepelatihan Jose Mourinho ketika di Chelsea, yakni pada 2004 sampai 2007 dan 2013 sampai 2014.

Kerja sama keduanya berhasil membawa Tim London Biru meraih enam titel juara, termasuk dua gelar Premier League yang didapat secara beruntun pada musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Bagi Frank Lampard, Jose Mourinho merupakan manajer yang paling berkesan dalam kariernya. Padahal, Lampard pernah merasakan tangan dingin pelatih-pelatih top dunia, mulai Claudio Ranieri, Luiz Felipe Scolari, Carlo Ancelotti, Rafa Benitez, dan Guus Hiddink.

"Saya telah dipengaruhi oleh semua manajer yang pernah menangani saya, namun Jose Mourinho lebih berkesan dari yang lain," ujar Lampard.

"Dia adalah orang yang berada di titik karier saya ketika penampilan dan pola pikir saya membaik, memberi saya banyak kepercayaan di dalam tim," kata Frank Lampard.

 

2 dari 2 halaman

Coba Terapkan Ilmu dari Mourinho

Setelah pensiun sebagai pemain pada Februari 2017, Frank Lampard melanjutkan kariernya di dunia kepelatihan. Lampard menangani Derby County pada musim lalu, sebelum akhirnya dipercaya duduk di kursi manajer Chelsea pada awal musim 2019-2020.

Pria 41 tahun itu pun akan menerapkan segala ilmu yang didapatkannya dari Jose Mourinho, kepada anak asuhnya di Tim London Biru.

"Jadi saya mencoba untuk menerapkan seperti yang dilakukan Mourinho kepada saya. Mencoba untuk memiliki hubungan pribadi dengan pemain yang berarti mendorong mereka setiap hari untuk menjadi lebih baik," papar Lampard.

"Berusaha membantu mereka untuk percaya diri dan memahami apa yang perlu mereka lakukan untuk terus meningkatkan level kemampuan sebagai pemain."

"Jadi saya mengambil banyak hal dari Jose Mourinho, tetapi jelas saya tidak ingin menjadi orang yang coba untuk menirunya, karena saya adalah diri saya sendiri," ucap Lampard.

Bersama Chelsea, catatan Frank Lampard sebagai manajer masih belum terlalu memuaskan. Dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani pada musim ini, Lampard hanya mampu membawa anak asuhnya meraih dua kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.

Dia pun akan memimpin anak asuhnya menghadapi Liverpool di Stamford Bridge, pada laga pekan keenam Premier League, Minggu (22/9/2019).

Sumber: Sky Sports

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat / Yus Mei Sawitri)

Loading
Artikel Selanjutnya
Jika Chelsea Gagal Rekrut Moussa Dembele, Ini 4 Striker Alternatif
Artikel Selanjutnya
Undian Piala FA: Chelsea Berpeluang Jumpa Liverpool