Sukses

Rahmad Darmawan Minta PSSI Beri Kesempatan kepada Simon McMenemy

Rahmad Darmawan dirumorkan akan menjadi pengganti Simon McMenemy di Timnas Indonesia.

Jakarta Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan ikut mengomentari nasib pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy. Dia meminta PSSI memberikan kesempatan kepada Simon.

Rahmad Darmawan sama sekali tak terkejut ketika para wartawan, termasuk Bola.com, menyetopnya di mixed zone Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (14/9/2019), usai memberikan keterangan pers sebagai pelatih setelah timnya, Tira Persikabo ditahan imbang 1-1 oleh Persib Bandung pada pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019.

Dalam hati, mungkin RD, sapaan karibnya, sudah bisa menebak. Kumpulan pewarta ini akan melontarkan pertanyaan apa kepadanya.

Rahmad Darmawan sedikit menghela nafas. Terlihat, ia berpikir terlebih dahulu sebelum menjawab. Salah satu kata saja, bisa menjadi santapan sedap awak media.

Bola.com bertanya kepada RD mengenai rumor yang menyebut ia akan menggantikan posisi Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia. Respons arsitek asal Lampung ini begitu bijaksana. Ia terlihat sangat hati-hati dalam memberikan pernyataan.

"Saya tidak tahu, ya. Karena ini justru yang rumornya antah-berantah dari mana, saya kaget," kata Rahmad Darmawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bermula dari Usul Anggota Exco

Nama RD dimunculkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi. Ia mengusulkan agar McMenemy diistirahatkan menyusul dua kekalahan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Namun, RD punya perspektif lain dibanding Yunus Nusi. Eks pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 itu menilai McMenemy layak dipertahankan mengingat masih banyak laga yang akan dilakoni Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Kalau boleh saran, saya rasa coach McMenemy masih layak diberikan kesempatan. Tentu dia akan membuat sebuah evaluasi, analisa, apa yang terjadi, kenapa, dan sebagainya."

"Saya yakin dia pelatih yang berpengalaman. Jadi itu saja. Buat saya, sekali lagi, saya komitmen dengan kontrak saya di Tira Persikabo. Semua hal yang menyangkut apapun sebuah keputusan, semuanya saya serahkan ke manajemen," terang RD.

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.