Sukses

Indonesia bakal Punya Game Esports dengan Karakter Lokal

Menkominfo Rudiantara mengumumkan hal tersebut di sela-sela membuka acara Konferensi Esports IDYBTE Esports 2019 di ICE.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengumumkan rencana Indonesia memiliki game esports dengan karakter pahlawan lokal. Dia menyampaikannya di sela-sela membuka acara Konferensi Esports IDYBTE Esports 2019 di ICE, BSD, Jumat (13/9/2019).

"Akan ada gim lokal yang karakter hero-nya Indonesia Gatotkaca. Menjelang akhir tahun masih beta test. Peluncuruan tengah tahun depan," kata Rudiantara.

Menkominfo menambahkan, peluang Indonesia untuk berkembang di sektor esports sangat besar. Ia mengambil contoh perusahaan produksi game, Gameloft asal Prancis yang sempat dikembangkan di Yogyakarta.

Gameloft memang memiliki kantor cabang yang terletak di Yogyakarta. Dibuka pada 2010, Gameloft Indonesia berfokus kepada aktivitas pengembangan game khususnya untuk handphone.

Rudiantara meyakini, keberadaan Gameloft itu membuktikan bahwa Indonesia berpeluang menjadi penghasil game developer (pengembang game). "Kalau enggak, kita mainnya cuma PUBG, Mobile Legend. Itu-itu aja," ungkap Rudiantara.

Selain aspek teknis, Rudiantara juga menilai esports punya potensi ekonomi yang besar. Sayangnya di Indonesia, ia menilai hal tersebut belum tergarap dengan maksimal.

Ia membandingkan jumlah populasi Indonesia yang menyumbang 40 persen dari populasi Asia dengan jumlah pemasukan dari game yang masih 20 persen. "Esports di Indonesia baru 1,2 miliar dari katakanlah 6-7 miliar di Asia. Itu kan hanya 20 persen. Peluangnya sangat besar," kata Rudiantara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turnamen PUBG

Sementara itu, Konferensi Esports 2019 bertajuk Gaming For Change tak hanya diisi dengan seminar. Ya, pihak Bubu selaku penyelenggara juga mengadakan turnamen PUBG untuk pria dan perempuan.

Total, turnamen bernama B.E.S.T (Bubu Esport Tournament) ini menjanjikan hadiah sebesar Rp 750 juta. B.E.S.T pun menjadi turnamen dengan hadiah terbesar di Asia Tenggara bagi pemain wanita dengan total hadiah Rp 290 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.