Sukses

Portugal Tak Cemaskan Kehidupan Setelah Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Porto - Timnas Portugal menjuarai UEFA Nations League edisi perdana. Pasukan Fernando Santos mengalahkan Belanda dengan skor 1-0 di partai final yang berlangsung, Senin (10/6/2019) dini hari WIB di Porto, Portugal.

Sukses ini menjadi bukti betapa Portugal harus diperhitungkan sebagai kandidat juara di setiap turnamen, termasuk Euro dan Piala Dunia. Skuat Selecao das Quinas begitu solid.

Sebelumnya, Portugal sukses menjadi juara Euro 2016. Setelah itu, Portugal terus berkembang dengan pemain-pemain dari generasi baru setelah Cristiano Ronaldo.

Anggapan Portugal akan menurun apabila Ronaldo pensiun sepertinya dapat terbantahkan. Portugal tidak lagi bergantung pada pemain berusia 34 tahun tersebut.

Cristiano Ronaldo bahkan percaya Timnas Portugal bakal kian hebat di masa depan setelah menjuarai UEFA Nations League edisi perdana. Itu trofi kedua Portugal setelah mengangkat trofi Piala Eropa 2016.

Para pemain generasi setelah Ronaldo telah membuktikan diri mampu berperan penting untuk tim. Banyak momen menunjukkan bahwa Portugal bukan hanya Ronaldo.

"Saya sangat senang. Ini adalah trofi yang sangat penting bagi seluruh rakyat Portugal dan juga tim nasional," kata Ronaldo, seperti dilansir situs UEFA.

2 dari 3 halaman

Langkah Bagus

Di skuat Portugal sekarang punya pemain-pemain papan atas seperti Bernardo Silva, Goncalo Guedes, Ruben Neves, Joao Cancelo, Ruben Dias, Bruno Fernandes, Raphael Guerreiro, dan Ruben Dias. Belum lagi Joao Felix, bocah 19 tahun, yang dijuluki The Next Cristiano Ronaldo.

Kesempatan yang diberikan Fernando Santos untuk pemain muda menjadi langkah bagus Timnas Portugal. Ini pula salah satu kunci performa Portugal menanjak.

"Tentu saja tim nasional ini akan lebih bagus dan para pemain muda bakal lebih sering bermain," jelas mantan pemain Real Madrid ini.

3 dari 3 halaman

Bantu Portugal

Bintang Juventus ini juga rela membantu perkembangan pemain-pemain Portugal. Ronaldo berharap bisa lebih lama bermain untuk Timnas Portugal.

"Tujuan di laga ini (Final UEFA Nations League) adalah menang dan bermain bagus," beber eks pemain Manchester United ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Ronaldo Turun Tangan Rayu De Ligt Pindah ke Juventus
Artikel Selanjutnya
Portugal vs Belanda: Demi Seorang Bocah, Ronaldo Hentikan Bus Tim