Sukses

Menang di Final UEFA Nations League, Portugal Jadi Momok Menakutkan Belanda

Secara statistik, Portugal lebih dominan ketika mereka berhadapan dengan Belanda dalam pertandingan level internasional, termasuk yang teranyar, UEFA Nations League.

Liputan6.com, Porto - Timnas Belanda harus mengakui kekalahan 0-1 dari Portugal dalam laga final UEFA Nations League, Senin (10/6/2019) dini hari WIB di Stadion Dragao, Porto, Portugal.

Kekalahan di final UEFA Nations League membuktikan bahwa Portugal masih menjadi momok menakutkan bagi De Oranje. Rekor pertemuan Belanda saat melawan Portugal memang tak apik.

Dalam 14 pertemuan terakhir kedua tim, Seleccao das Quinas mampu delapan kali menundukkan Belanda. Sementara Belanda sendiri baru dua kali menang sejak pertama kali bertemu kontra Portugal pada 1990.

Berdasarkan situs statistik olahraga RSSSF, kemenangan pertama Belanda diraih di Rotterdam pada 16 Oktober 1991 dalam laga kualifikasi Piala Eropa 1992 Grup 6 dengan skor tipis 1-0 setelah sebelumnya pertemuan pertama dimenangi Portugal dengan skor serupa selang hampir satu tahun sebelumnya.

Tapi, Belanda kemudian mesti menunggu hampir 27 tahun untuk kembali merasakan kemenangan atas Portugal, tentunya setelah melewati 11 pertandingan yang enam di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Kemenangan kedua itu terjadi pada 26 Maret 2018 lalu dalam sebuah laga persahabatan di Jenewa, Swiss, dengan skor cukup meyakinkan 3-0 berkat gol Memphis Depay, Ryan Babel dan Virgil van Dijk. Final UEFA Nations League seharusnya menjadi arena pembuktian Belanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tinggal Harapan

Jarak satu tahun dan momentum yang berayun ke arah kebangkitan Belanda, termasuk dengan penampilan Ajax di Liga Champions musim ini, sempat menimbulkan harapan bahwa jarak antarkemenangan tak harus terpaut 27 tahun lagi.

Namun, harapan tinggal harapan, Portugal kembali menang meski dengan skor tipis 1-0 lewat gol Goncalo Guedes pada menit ke-60 di final UEFA Nations League.

3 dari 3 halaman

Cukup Beruntung

Belanda bahkan cukup beruntung karena cuma kalah 0-1, sebab tak kurang dari 18 percobaan tembakan dilepaskan oleh Portugal sepanjang laga, yang tujuh di antaranya tepat sasaran dan lima lainnya berakhir dihalau pertahanan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.