Sukses

David Beckham dan 9 Mantan Bintang Sepak Bola yang Masih Segar dan Fit

 

Jakarta - Banyak mantan bintang-bintang sepak bola yang kini bergumul di dunia kepelatihan. Ada pula yang memilih jadi pundit.

Beberapa dari mereka bahkan terlihat tak sepenuhnya meninggalkan dunia sepak bola karena masih terlihat kerap bermain, dalam berbagai tajuk seperti laga persehabatan atau pertandingan amal, selama 90 menit. Saat itu, seolah-olah mereka masih bermain layaknya pemain profesional.

Di sisi lain, pensiun dari lapangan hijau bisa berarti dua hal bagi pesepak bola. Golongan pertama, pemain yang tetap menjaga kebugaran tubuh, memelihara fisiknya tetap berada di level atas. Yang kedua, singkatnya, golongan sebaliknya.

Tentu saja bisa dimaklumi, banyak yang "terjebak" masuk golongan kedua. Dalihnya, karena tak lagi melakoni latihan secara rutin dan intensif, seperti saat masih jadi pemain aktif. Pilihan itu berdampak pada kondisi tubuh.

Namun, ada juga pensiunan pemain yang memberikan kesan mereka terlalu dini memutuskan gantung sepatu. Lihat saja bagaiman David Beckham menjaga tubuhnya tetap dalam kondisi prima.

Dalam usia 44 tahun dan sejak tak lagi jadi pemain pada usia 38 tahun, suami selebritas Victoria Adams ini masih punya penampilan mengesankan. Tak banyak perubahan yang terlihat darinya, semasa aktif bermain sepak bola  hingga sekarang, sudah mendekati usia 45 tahun.

Faktanya, banyak mantan pemain yang hingga sekarang masih memiliki tubuh bugar dan fit, meski sudah bertahun-tahun sejak memutuskan gantung sepatu. Selain David Beckham, siapa saja pemain itu?

Berikut di bawah ini beberapa di antaranya. Tentu masih banyak lagi yang lain, silakan Anda tambahkan sendiri.

Sumber: Squawka

2 dari 10 halaman

Pep Guardiola

Umur saat pensiun: 35

Umur sekarang: 48

Profesi saat ini: Pelatih Manchester City

Tak ada yang memungkiri, pelatih asal Spanyol ini telah menjadi satu di antara pelatih terbaik sejak ia mengakhiri karier profesionalnya sebagai pemain dan menapaki karier kepelatihan.

Namun, kerap terlihat, Pep Guardiola masih bisa mengimbangi pergerakan skuatnya saat sesi latihan di Manchester City. Dia masih sangat fit layaknya hari-hari aktifnya sebagai pemain.

3 dari 10 halaman

Clarence Seedorf

Umur saat pensiun: 37

Umur sekarang: 43

Profesi saat ini: Pelatih Timnas Kamerun

Clarence Seedorf sangat layak masuk daftar ini. Tak hanya mantan pemain internasional Belanda ini terlihat lebih fit ketimbang yang lain, Seedorf diyakini masih layak bermain untuk level profesional.

4 dari 10 halaman

Carles Puyol

Umur saat pensiun: 36

Umur sekarang: 41

Profesi saat ini: Duta Besar La Liga dan UEFA

Setiap tim yang butuh sosok pemimpin di lini pertahanan mungkin banyak yang tergoda untuk kembali membujuk Carles Puyol agar keluar dari masa pensiun dan memboyong pria asal Spanyol ini ke timnya. Tubuh yang masih bugar dan fit layaknya pemain aktif, membuat Puyol dianggap masih layak bermain.

5 dari 10 halaman

Luis Enrique

Umur saat pensiun: 34

Umur sekarang: 48

Profesi saat ini: Pelatih Timnas Spanyol

Sudah 14 tahun lamanya sejak Luis Enrique memutuskan pensiun di usia 34 tahun. Namun, bos Timnas Spayol ini memperlihatkan banyak tanda, kebugarannya tak sedikit pun berkurang sejak itu.

Ledakan energi yang diperlihatkannya saat membawa Barcelona comeback melawan Paris Saint-Germain di leg kedua 16 besar Liga Champions 2016-2017, sampai sekarang masih dibawanya hingga ke tepi lapangan saat mendampingi La Furia Roja.

6 dari 10 halaman

Thierry Henry

Umur saat pensiun: 37

Umur sekarang: 41

Profesi saat ini: Pelatih

Tak mengejutkan jika melihat Thierry Henry masih mampu memimpin barisan depan sebuah tim setelah karier melatihnya bersama Eden Hazar dan Romelu Lukaku di Timnas Belgia usai.

Bahkan, selama durasi singkatnya sebagai pelatih Monaco, mantan pemain internasional Prancis itu kerap turun dalam latihan, dan mungkin saja, ia membayangkan dirinya tampil lebih baik di lapangan dari beberapa pemainnya… Itu karena Henry masih memiliki tubuh bugar dan fit!

7 dari 10 halaman

Robert Pires

Umur saat pensiun: 42

Umur sekarang: 45

Profesi saat ini: Pelatih dan pundit

Well, Robert Pires yang luar biasa ini baru gantung sepatu tiga tahun lalu dan dia berlatih dengan tim Arsenal secara teratur. Alhasil, level kebugarannya yang tinggi tak terlalu mengejutkan.

8 dari 10 halaman

Edgar Davids

Umur saat pensiun: 41

Umur sekarang: 46

Profesi saat ini: Pemilik label fashion dan pundit

Baru lima tahun sejak ia pensiun, Edgar Davids masih garang layaknya hari-hari aktifnya sebagai pemain. Itulah mengapa ia jadi langganan tampil dalam laga-laga ekshibisi di seluruh dunia yang melibatkan legenda sepak bola, seperti pada duel ekshibisi legenda Prancis yang memenangi gelar Piala Dunia 1998 versus legenda FIFA yang tanpil di Piala Dunia1998 tahun lalu di Paris.

Ia tampil sangat energik dalam pertandingan persahabatan itu. Penonton pun lupa, ia sudah pensiun…

9 dari 10 halaman

Rio Ferdinand

Umur saat pensiun: 36

Umur sekarang: 40

Profesi saat ini: Pundit

Tak perlu banya komentar. Cek saja akun media sosial personal mantan pemain satu ini, di Instagram misalnya, untuk mencari tahu mengapa Rio Ferdinand masih ada dalam kondisi terbaik,ketimbang yang lain…

10 dari 10 halaman

Henrik Larsson

Umur saat pensiun: 37

Umur sekarang: 47

Profesi saat ini: Asisten manajer Angelholms

Contoh lain yang masih tetap bugar dan fit setelah tak jadi pesepak bola profesional adalah Henrik Larsson.

Mantan pemain internasional Swedia ini tetap terlihat mampu memberikan ancaman pada pertahanan tim lawan, meski usianya mendekati 50 tahun.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Bintang Sepak Bola yang Gagal saat Beraksi di Layar Lebar
Artikel Selanjutnya
Kabar Terkini 10 Pencetak Gol Termuda MU di Liga Inggris