Sukses

Terpuruk di Latihan Bebas MotoGP Jerez, Rossi: Kami dalam Masalah

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi sangat kecewa dengan hasil yang diraihnya di latihan bebas (FP1 dan FP2) MotoGP Jerez, Jumat (3/5/2019). Rossi mengaku kebingungan harus bagaimana karena motor, ban dan aspal baru belum nyetel.

Rossi gagal meraih posisi 10 besar pada FP2 MotoGP Jerez. Dia bisa meraih lap tercepatnya tapi aksinya terhenti setelah keluarnya bendera merah. 

Ini membuat Rossi harus puas berada di posisi 14 pada FP2 MotoGP Jerez. Dia terpaut 0,772 detik dari Danilo Petrucci,pembalap Mission Winnow Ducati yang raih waktu tercepat.

Kekhawatiran Rossi bertambah besar karena perubahan setelan di FP2 MotoGP Jerez tak juga memberinya hasil. Dia kurang pede melahap tikungan karena kurang traksi di ban belakang.

Hari ini, Rossi dan pembalap lainnya akan melakoni FP3 dan kualifikasi MotoGP. Ini fase krusial bagi Rossi di MotoGP Jerez.

2 dari 3 halaman

Hasil Tidak Bagus

Rossi membawa harapan bisa tampil lebih bagus di MotoGP Jerez ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Dalam dua edisi terakhir, Yamaha selalu kesulitan di sini.

"Kami memodifikasi motor dengan harapan bisa tampil lebih cepat ketimbang tahun lalu. Apalagi modifikasi berhasil di tiga seri awal musim ini," ujar Rossi seperti dikutip crash.

"Juga dengan aspal baru, kami berharap bisa lebih kompetitif tapi hari ini sulit. Kami mencoba beberapa hal baru di sesi latihan sore tapi lagi, saya tidak cepat dan akselerasi saya tidak fantastis. Kami dalam masalah"

Rossi mengatakan masalah di Jerez cukup rumit. Soalnya ini berkaitan dengan belum padunya ban, motor dan sirkuit.

"Motor mirip dengan yang di Austin, ban juga. Tapi disini semuanya jadi lebih sulit. Saya tak punya masalah spesifik, tapi umum saja. Akselerasi kami kurang kuat untuk bersaing dengan pembalap di depan," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Coba Winglet

Rossi juga melakoni debut gunakan winglet di bagian swingarm motor. Ini bertujuan untuk mendinginkan ban belakang motor.

"Kami mencoba itu agar bisa lebih dingin di ban. Ini hanya sedikit bantuan tapi saya akan coba. Pakai alat ini atau tidak pengaruhnya tidak besar," ujar Rossi.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Marc Marquez Andalkan Motor 2019 untuk Seri Pembuka MotoGP 2020?
Artikel Selanjutnya
Selisih Peringkat 1-18 Tes MotoGP di Qatar Tidak Sampai 1 Detik, Valentino Rossi Kagum