Sukses

3 Kunci Kemenangan Barcelona atas MU

Barcelona melenggang ke semifinal Liga Champions usai menggebuk Manchester United (MU) dengan agregat 4-0.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona melenggang ke semifinal Liga Champions usai menggebuk Manchester United (MU) dengan agregat 4-0. Pada leg kedua, Barcelona menang 3-0 atas MU di Nou Camp, Rabu (17/4/2019) dinihari WIB.

Barcelona membuka keunggulan di menit 16 berkat tendangan keras Messi dari luar kotak penalti. Empat menit kemudian. Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangannya gagal ditahan David de Gea.

Pada babak kedua, Barcelona mencetak satu gol tambahan berkat aksi Philippe Coutinho. Barcelona pun melenggang ke semifinal dan akan menanti pemenang Liverpool vs FC Porto.

Seperti dilansir Sportskeeda, setidaknya ada tiga kunci kemenangan Barcelona atas MU dinihari tadi. Berikut tiga kuncinya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pertahanan Solid

Kesuksesan Barcelona menaklukkan MU bukan hanya karena andil lini serang. Lini pertahanan Barcelona yang digalang Gerard Pique juga patut mendapat pujian.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde memasang kuartet Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, dan Sergi Roberto di markas MU. Keempatnya sukses membuat lini serang MU tak berkutik di dua partai perempat final.

Menurut catatan statistik, Pique membuat satu sapuan dan memblok satu tendangan MU. Sementara, Lenglet membuat tiga sapuan dan satu intersep.

Padahal, serangan balik MU cukup berbahaya. Taktik itu pula yang membuat mereka menyingkirkan PSG di babak 16 besar.

3 dari 4 halaman

2. Kebugaran Tim

Taktik Valverde menyimpan beberapa pemain inti saat melawan Huesca terbukti jitu. Saat melawan MU, skuat utama Barcelona pun berada dalam kebugaran 100 persen.

Situasi sebaliknya terjadi di MU. Pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer tak mengistirahatkan para pemain intinya saat meladeni West Ham.

Padahal, mereka hanya punya waktu empat hari istirahat dari pertandingan itu untuk melawan Barcelona. Alhasil, para pemain MU pun kepayahan merebut bola dari kaki para pemain Barcelona.

Mengutip statistik whoscored, para pemain MU hanya menguasai bola sebanyak 34 persen. Selain itu, mereka juga hanya membuat empat dribble.

4 dari 4 halaman

3. Faktor Lionel Messi

Salah satu kunci utama kemenangan Barcelona tentu saja kehadiran Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga ini akhirnya membalas dendam kepada lini belakang MU.

Pada leg pertama, pergerakan Messi sukses dimatikan para pemain MU. Messi pun harus menerima cedera di wajah akibat berbenturan dengan bek MU, Chris Smalling.

Namun di laga dinihari tadi, Messi membuktikan kualitasnya sebagai pemain terbaik di dunia. Dua gol disarangkan bintang asal Argentina ini ke gawang MU yang dijaga David de Gea.

"Anda bisa mengubah taktik sesuai dengan yang Anda suka. Tetapi jika Anda punya pemain seperti Messi, semuanya menjadi mudah," kata Solskjaer memuji.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU