Sukses

Ada Apa dengan Rossi di MotoGP Qatar?

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi terus memperlihatkan hasil buruk jelang bergulirnya MotoGP Qatar pada Minggu (10/3/209) malam nanti. Sejak latihan bebas kedua (FP2), hasil yang diraih Rossi terus jeblok.

Meski memperbaiki posisi di FP3, Rossi tetap gagal menembus kualifikasi dua (Q2) karena total catatan waktunya tidak masuk 10 besar. Rossi pun harus berjuang sejak Q1.

Pada fase Q1 MotoGP Qatar, Rossi gagal merebut posisi dua besar sehingga harus puas start di posisi ke-14. Dia kalah cepat dari Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami yang merebut posisi satu dan dua di Q1 dan berhak berjuang di Q2.

Crutchlow meraih hasil memuaskan di kualifikasi kedua. Dia memperbaiki posisi dan bakal start di posisi keenam dengan catatan waktu lap 1 menit 54,095 detik di Q2.

Hasil memuaskan juga dirah Takaaki Nakagami yang memperbaiki posisi dengan start ke-9 di MotoGP Qatar yang berlangsung pukul 8 malam waktu setempat atau 12 malam dini hari WIB.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Apa yang Salah?

Lalu apa yang salah dengan Rossi? Masalah yang sama jadi momok bagi Rossi di MotoGP Qatar. Dia kehilangan grip di bagian depan motornya.

Rossi mengaku tak bisa menemukan solusi untuk masalah degradasi di ban depan motor Yamaha YZR-M1 miliknya. Dia menyalahkan sedikitnya waktu yang dimiliki untuk memperbaiki penampilan Yamaha.

"Saya mengalami masalah yang sama hari ini karena di sore hari saya bermasalah dengan ban depan. Jadi kami bermasalah karena saya sangat lambat," ujar Rossi seperti dikutip crash.

"Saya tak merasakan feeling dengan ban depan dan kami juga cepat merusak ban. Balapan nanti bakal sulit."

3 dari 3 halaman

Hanya Rossi

Dibandingkan pembalap Yamaha lainnya, hanya Rossi yang merasakan masalah dengan ban depan. Buktinya, Maverick Vinales bisa raih pole positions.

Sedangkan Franco Quartararo start di posisi kelima dan Franco Morbidelli di posisi ke-8. Rossi juga sudah mencoba dua fairing, termasuk fairing yang sudah dimodifikasi.

Namun hasilnya tetap buruk untuk Rossi. Soalnya, fairing ini memang tidak ditujukkan untuk memecahkan masalah ban depan.

"Fairing ini karena permintaan Vinales yang menyukainya. Quartararo dan Morbidelli pakai yang normal, tapi tak ada yang berubah," ujarnya.

Rossi sendiri harus puas start dari posisi ke-14 dengan catatan waktu 1 menit 54,472 detik.

Petugas Kembali Temukan Jenazah Wisatawan Korban Gempa Lombok
Loading
Artikel Selanjutnya
Lorenzo: MotoGP Qatar Seperti Balapan Untuk Bertahan Hidup
Artikel Selanjutnya
MotoGP Qatar: Ban Depan Bermasalah, Rossi Merasa Kesulitan