Sukses

Untuk Alasan Ini, Juara Dunia F1 Akan Hadiri MotoGP Qatar

Liputan6.com, Doha - Pembalap Mercedes AMG Petronas Formula 1, Lewis Hamilton, memastikan diri bakal menghadiri MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 8-10 Maret mendatang. Hamilton ingin mengambil pelajaran dari ajang MotoGP.

Seperti dilansir Crash, Hamilton mengaku bahwa kunjungannya kali ini khusus untuk mengunjungi tim satelit baru Yamaha, yakni Petronas Yamaha SRT, yang menaungi Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

Ini akan menandai pertama kalinya juara dunia F1 2018 ini menghadiri sebuah gelaran MotoGP sejak Le Mans, Prancis pada 2013 lalu, di mana ia hadir sebagai undangan Monster Energy. Kali ini, ia akan datang sebagai undangan Petronas, yang sama-sama menjadi sponsor utama Mercedes di F1 dan Yamaha SRT di MotoGP.

Setahun belakangan, Hamilton memang keram membuat heboh paddock MotoGP dan WorldSBK, mengingat ia kerap kali menyatakan ingin menjalani uji coba di atas motor YZR-M1 milik para rider MotoGP. Meski hal ini belum terwujud, Hamilton sudah sempat menjalani track day bersama rider-rider WorldSBK pada Desember tahun lalu.

Track day tersebut digelar di Circuito de Jerez - Angel Nieto, Spanyol, di mana ia mengendarai motor superbike YZF-R1M bersama duet Pata Yamaha WorldSBK, Alex Lowes dan Michael van der Mark. Tak ada catatan waktu yang dirilis, namun Lowes dan Van der Mark menyatakan Hamilton mencatat waktu yang cukup menjanjikan.

Di Qatar nanti, Hamilton masih takkan menjajal M1, namun mengaku akan mempelajari sistem kerja Petronas Yamaha SRT. "Saya selalu jatuh cinta pada motor, jadi saya sangat bersemangat. Saya tak yakin bakal nonton balapan secara penuh, tapi saya sangat penasaran melihat para rider bekerja dan betapa berbedanya sesi kualifikasi mereka dengan kualifikasi F1," ujar pebalap 33 tahun ini.

 

2 dari 3 halaman

Terlalu Tua

"Plus feedback-nya, hal-hal yang mereka kerjakan, akan saya gunakan sebagai pengalaman belajar. Jangan terlalu fokus melihat bahwa saya terlalu tua untuk mencoba MotoGP, toh saya juga bukan rider muda seperti Marc Marquez, tapi tentu pada suatu titik saya akan tetap bersenang-senang," lanjut Hamilton.

Lima kali juara dunia ini pun menyatakan bahwa pengalaman di dua displin motorsport yang berbeda akan membantunya meraih motivasi sebelum seri pertama F1 musim ini digelar di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia digelar pada 15-17 Maret mendatang.

3 dari 3 halaman

Melaju Cepat

"Saya selalu gas pol di atas motor, mengingat inilah satu-satunya cara yang saya tahu untuk melaju cepat. Tapi saat saya menjalani track day dengan superbike, saya tak mampu membuka gas selebar para rider superbike," terangnya.

"Jadi ada banyak hal yang harus saya pelajari, mengingat gaya balap mereka sangat berbeda dengan balap mobil. Bakal sangat menyenangkan untuk mempelajarinya," papar Hamilton.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Barang Wajib Marc Marquez untuk Persiapan Balapan
Artikel Selanjutnya
Kondisi Marquez Jelang MotoGP Qatar Belum 100 Persen Fit