Sukses

Frenkie de Jong dan 5 Pemain Terbaik Belanda di Barcelona

Pemain Belanda pernah punya sejarah bagus di Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona baru saja mendapatkan gelandang muda Frenkie de Jong dari klub Belanda, Ajax Amsterdam. Pemain berusia 21 tahun itu direkrut dengan biaya 75 juta euro plus 11 juta euro dalam bentuk bonus.

Namun, De Jong baru akan bergabung dengan tim Catalan tersebut mulai musim panas mendatang, tepatnya mulai 1 Juli 2019. Dengan demikian, sang pemain akan mengikuti jejak legenda Belanda yang datang ke Camp Nou sebelumnya.

De Jong akhirnya mengakhiri spekulasi tentang masa depannya dengan bergabung di Barcelona. De Jong diikat dengan kontrak selama lima tahun.

De Jong bisa mengembangkan bakatnya di klub yang pernah diperkuat oleh sejumlah pemain hebat dari Belanda. Sejauh ini sudah ada 19 pemain Belanda yang pernah bermain untuk Barca.

Banyak pemain asal Belanda yang sudah merasakan kesuksesan selama di Camp Nou. Namun, pemain-pemain seperti Edgar Davids dan Ronald de Boer tidak terlalu menikmati kesuksesan saat mengenakan seragam Barca.

Berikut ini lima pemain terbaik Belanda yang pernah membela Barcelona seperti dilansir Fox Sports Asia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Johan Cruyff

Mustahil memulai daftar ini tanpa Johan Cruyff, legenda sepak bola yang sangat identik dengan Barcelona. Seperti De Jong, Cruyff bergabung dari Ajax dan memenangkan La Liga dan Copa del Rey selama lima tahun bermain.

Penyerang asal Belanda itu kemudian kembali ke Camp Nou sebagai pelatih. Ia berhasil membawa klub memenangkan empat gelar LaLiga, Copa, Piala Winners dan Piala Champions dengan gaya "Total Football" di era keemasan mereka.

  

3 dari 6 halaman

Johan Neeskens

Johan Neeskens memiliki jalan karier yang sangat mirip dengan Johan Cruyff. Meskipun begitu, Neeskens tidak terlalu banyak memenangkan gelar seperti saat di Ajax setelah hanya meraih satu gelar La Liga dan satu Copa dalam lima tahun di Barcelona.

Kendati demikian, Neeskens tetap dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik Belanda sepanjang masa. Ia mencapai putaran final Piala Dunia 1974 dan 1978.

4 dari 6 halaman

Ronaldo Koeman

Dikenal karena ketenangannya dengan bola, pelatih timnas Belanda sekarang itu mampu beroperasi di lini tengah atau pertahanan. Setelah bermain untuk Ajax, Koeman tiba di Barcelona dari PSV Eindhoven.

Koeman untuk bermain untuk Johan Cruyff dan merupakan pemain kunci di tim yang mengumpulkan banyak trofi pada era keemasan mereka. Salah satu trofi yang dimenangkan Koeman adalah Piala Champiosn di mana ia menjadi penentu kemenangan Barca di final melawan Sampdoria.

5 dari 6 halaman

Patrick Kluivert

Digambarkan oleh mantan pelatih dan rekan senegaranya Louis van Gaal sebagai "striker sempurna", Patrick Kluivert meraih kesuksesan di Camp Nou. Striker asal Belanda itu mencetak 145 gol dalam 308 pertandingan selama enam tahun yang produktif di Barca.

Kluivert memang hanya berhasil meraih satu gelar saja bersama Barcelona yaitu La Liga pada musim 1998-99. Meskipun begitu, Kluivert tetap menjadi sosok yang populer di kalangan para penggemar klub.

6 dari 6 halaman

Frank de Boer

Bek tanpa kompromi dan berkelas, Frank de Boer tiba di Barcelona pada Januari 1999 setelah sebelumnya memenangkan Liga Champions bersama Ajax pada 1994-95. Tim Ajax yang legendaris itu juga termasuk sesama alumni Barca Michael Reiziger, Edgar Davids, Marc Overmars, Winston Bogarde, Kluivert dan saudara kembarnya Ronald.

Louis van Gaal adalah orang yang membawa Frank ke Barcelona. Dia membuat 112 penampilan untuk negaranya dan memainkan hampir 150 pertandingan di La Liga untuk Barca dan memenangkan gelar La Liga.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.