Sukses

Legenda PSM dan Persija Jadi Pelatih Anyar Persipura

Luciano Leandro menggantikan Oswaldo Lessa sebagai pelatih Persipura.

Liputan6.com, Jayapura - Persipura Jayapura menemukan pelatih baru untuk kompetisi 2019. Mereka mempercayakan Boaz Solossa dan kawan-kawan kepada Luciano Leandro.

Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano menyebut dua alasan di balik keputusan ini. Luciano Leandro sudah mengenal sepak bola Indonesia dan memiliki visi sama seperti Mutiara Hitam.

"Karena sudah mengenal sepak bola Indonesia, kami berharap dia mudah beradaptasi. Jumat (25/1/2019) nanti Luciano Leandro berangkat dari Brasil," kata sosok yang akrab disapa BTM tersebut, dilansir situs resmi Liga 1.

Untuk mendampingi Luciano Leandro, Persipura menetapkan pelatih fisik adalah Lydio de Souza. Kemudian pelatih kiper tetap Alan Haviludin.

Luciano Leandro nantinya mendapat kewenangan terhadap penentuan komposisi tim. Persipura masih mencari pemain asing non-Asia. Persipura sebelumnya ditinggal Yoo Jae-hoon dan Hilton Moreira.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penurunan Performa

Persipura mengalami penurunan performa pada dua musim terakhir setelah menjadi juara Liga Super Indonesia 2016. Mereka mengakhiri Liga 1 2018 di posisi 12 dan mengalami tiga pergantian pelatih.

Meski begitu, kondisi tidak membuat Persipura gegabah. BTM menyatakan Mutiara Hitam bakal mempertahankan 80 persen komposisi skuat dan mengandalkan pemain muda.

"Sekitar 80 persen pemain akan dipertahankan," katanya, dikutip dari situs Liga Indonesia.

3 dari 3 halaman

Legenda di Indonesia

Luciano Leandro menggantikan Oswaldo Lessa sebagai pelatih Persipura. Dia merupakan salah satu generasi pertama pemain asing di Indonesia.

Sosok yang dikenal dengan rambut ikal itu memperkuat PSM Makassar dan Persija Jakarta. Dia meraih gelar bersama Macan Kemayoran pada 2001.

Luciano Leandro lalu sempat melatih PSM Makassar pada 2016 namun tidak bertahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.