Sukses

Rekam Jejak Simon McMenemy, Pelatih Baru Timnas Indonesia

Simon McMenemy ditunjuk PSSI menangani timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI akhirnya resmi menunjuk Simon McMenemy sebagai pelatih timnas Indonesia. Pria asal Skotlandia menempati posisi kosong yang ditinggalkan Bima Sakti usai mendampingi Hansamu Yama dan kawan-kawan di Piala AFF 2018.

Bima Sakti sendiri digeser untuk menangani Timnas Indonesia U-16. Sedangkan timnas Indonesia U-22 dilatih Indra Sjafri.

Penunjukan Simon McMenemy, Bima Sakti, dan Indra diambil melalui mekanisme rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta.

"PSSI yang di dalamnya ada Exco, seluruhnya menyetujui dan menetapkan beberapa pelatih yang akan menangani timnas. Untuk Timnas senior putra dilatih Simon McMenemy, Timnas U-22 untuk SEA Games 2019 dilatih Indra Sjafri, dan Bima Sakti menjadi pelatih Timnas U-16," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (20/12/2018) siang, yang dihadiri Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

McMenemy sendiri bukan nama asing di Indonesia. Dalam dua tahun terakhir, dia tercatat sebagai pelatih Bhayangkara FC di Liga 1.

Berikut rekam jejak Simon McMenemy yang semasa jadi pemain, hanya merumput di klub-klub lokal Inggris dan Finlandia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjulang bersama Filipina

Nama McMenemy menjulang saat membawa Filipina menembus semifinal Piala AFF 2010. Namun, ketika itu, mereka harus mengakui keunggulan Indonesia.

Dalam dua pertandingan semifinal, yang dua-duanya digelar di Indonesia, Filipina takluk 0-1 dari Indonesia yang dilatih Alfred Riedl.

Setelah itu, McMenemy sempat melatih klub Vietnam, Long An F.C, sebelum berpetualang di Liga Indonesia.

Mitra Kukar jadi tim pertama Simon McMenemy di Indonesia, pada periode 2011-12. Setelah itu, dia menukangi Pelita Bandung Raya, sebelum terbang ke Maladewa melatih New Radiant S.C.

 

3 dari 4 halaman

Sukses di Bhayangkara FC

Dari Maladewa, McMenemy kembali ke Filipina dan melatih klub F.C. Meralco Manila. Pada tahun 2015, klub ini dia bawa memenangi Piala Filipina atau United Football League Cup.

Pada tahun 2017, McMenemy kembali ke Indonesia dan dipercaya menangani Bhayangakara FC yang langsung dibawanya jadi juara Liga 1. Musim lalu, Bhayangkara FC menduduki posisi ketiga Liga 1 di bawah Persija Jakarta dan PSM Makassar.

4 dari 4 halaman

Sekilas Biodata McMenemy

Sebagai Pemain:

Worthing, Haywards Heath, Burgess Hill, Kajaanin Haka, University of South Alabama

Sebagai Pelatih

2009-10 Worthing

2010 Filipina

2011 Dong Tam Long An

2011-12 Mitra Kukar

2013 Pelita Bandung Raya

2014 New Radiant

2014-18 Loyola Meralo Sparks

2017-18 Bhayangkara FC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.