Sukses

MU Pecat Jose Mourinho, Pelatih Real Madrid Terancam?

Manchester United (MU) akhirnya memecat Jose Mourinho.

Liputan6.com, Jakarta Pemecatan Jose Mourinho sebagai manajer Manchester United (MU) boleh jadi melegakan fans Setan Merah. Namun bagi sebagian pelatih, kabar ini justru jadi alarm bahaya karena reputasi The Special One sebagai pelatih jempolan bisa saja mengancam posisi mereka. 

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari tidak khawatir dengan kemungkinan ini. Sebab menurut Solari, Los Blancos selama ini sudah kenyang dengan berbagai bentuk spekulasi. 

"Saya sepenuhnya menghormati dan mengagumi seluruh kolega saya, baik yang profesional maupun yang amatir, yang juga melakukan pekerjaan yang luar biasa dan dengan lebih banyak alasan bagi mereka yang telah menjadi bagian dari klub ini dan telah memberi kami sukacita dan memberikan yang maksimal sehingga klub ini berjalan dengan baik," katanya. 

"Dan untuk apa saya mesti khawatir dengan adanya spekulasi tentang Madrid? Itu terjadi setiap saat," kata Solari di sela-sela persiapan Piala Dunia Antarklub 2018.  

MU resmi memecat Mourinho sejak Selasa (19/12/2018). Pelatih asal Portugal itu diminta angkat kaki setelah dua setengah tahun bertugas. Kontrak Mourinho diputus di tengah jalan menyusul hasil buruk yang dialami oleh Setan Merah sepanjang awal musim ini. 

Kondisi yang sama sebenarnya juga dialami Real Madrid. Los Blancos juga mengalami masa-masa sulit di awal musim. Akibatnya, manajemen memecat pelatih Julen Lopetegui, Oktober lalu. Padahal mantan pelatih timnas Spanyol tersebut baru bertugas beberapa bulan saja. 

Real Madrid kemudian menunjuk Santiago Solari. Namun dibanding Mourinho, pengalaman Solari yang sebelumnya menangani tim usia muda tentu jauh tertinggal dari Mourinho.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Tim Baru

Mourinho tidak asing dengan Real Madrid. Sebab pelatih berusia 55 tahun itu juga pernah menangani tim ini (2010-2013). Selama tiga tahun bersama Los Blancos, Mourinho mempersembahkan satu gelar La Liga, satu gelar Copa del Rey, dan 1 Super Copa Espana. 

Meski demikian, Mourinho juga tidak sempat menyelesaikan seluruh kontraknya di Real Madrid. Sempat memperpanjang kontrak hingga musim 2016, Mourinho akhirnya sepakat meninggalkan Santiago Bernabeu, Mei 2013 menyusul memburuknya performa Los Blancos. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU