Sukses

Bek Juventus Semringah Bakal Catat 100 Caps di Timnas Italia

Bek Juventus, Giorgio Chiellini bakal masuk buku sejarah timnas Italia.

Liputan6.com, Turin - Bek Juventus, Giorgio Chiellini bakal masuk buku sejarah timnas Italia. Chiellini akan mencatatkan 100 caps bersama timnas Italia jika dimainkan di laga melawan Portugal, Minggu (18/11/2018) dinihari WIB dalam partai UEFA Nations League.

Bek berusia 34 tahun ini pun mengaku bangga bisa mencatatkan 100 caps bersama timnas Italia. "Ini sebuah penghargaan yang melewati mimpi Anda sebagia anak-anak," ujar Chiellini seperti dilansir Football Italia.

"Anda bermimpi menjadi pemain sepak bola, atau bermain di Liga Italia dan tim nasional. Tetapi mendapatkan 100 caps adalah sesuatu yang berbeda," kata pria yang juga kapten Juventus ini.

Chiellini pertama kali debut bagi timnas Italia pada 17 November 2004 di bawah kepemimpinan pelatih Marcelo Lippi di usia 20 tahun. Namun, gol pertama Chiellini bagi timnas baru datang pada November 2007 melawan Kepulauan Faroe saat ia sudah bergabung bersama Juventus.

Chiellini mengatakan, membela timnas Italia merupakan puncak kariernya. Menurut Chiellini, hal itu tidak bisa dibandingkan dengan pertandingan seperti apapun.

"Anda merasakan emosinya dan Anda membuat seluruh negeri merasakannya. Itu sensasi yang tidak bisa digantikan bahkan oleh pertandingan terpenting," kata Chiellini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Kapten yang Berbeda

Lebih lanjut, Chiellini juga tidak terlalu memusingkan jabatan kapten timnas yang kini disandangnya. Hanya saja, ia mengaku bakal menjadi sosok kapten yang berbeda daripada para pendahulunya.

"Saya tidak akan pernah sama dengan Gianluigi Buffon, atau kapten lain yang pernah bermain bersama saya seperti Fabio Cannavaro atau Alessandro Del Piero. Tetapi, saya hanya akan melakukan apa yang saya bisa dengan karakter saya," ujar Chiellini.

3 dari 3 halaman

Statistik Chiellini bersama Juventus dan Timnas Italia

Juventus (2005/06 - sekarang): 482 main, 34 gol

Timnas Italia (2004 - sekarang) 99 main, 8 gol

Trofi

Juventus: 7x Liga Italia, 1x Serie B, 4x Coppa Italia, 3x Piala Super Italia

Italia: Medali perunggu Olimpiade 2004

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Pemain sepak bola asal Italia yang bermain untuk tim nasional Italia dan klub sepak bola Juventus.
    Pemain sepak bola asal Italia yang bermain untuk tim nasional Italia dan klub sepak bola Juventus.

    Giorgio Chiellini

  • Tim Nasional Italia merupakan salah satu negara yang sukses meraih banyak gelar di berbagai kompetisi internasional
    Tim Nasional Italia merupakan salah satu negara yang sukses meraih banyak gelar di berbagai kompetisi internasional

    Timnas Italia