Sukses

3 Kunci Sukses Persib Stabil di Papan Atas Liga 1 2018

Persib mampu bertahan selama empat pekan di puncak klasemen Liga 1 2018. Apa kunci ketangguhan mereka?

Jakarta - Persib Bandung semakin menunjukkan taji di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Klub asuhan Mario Gomez itu menjelma sebagai tim tangguh yang selalu sulit dikalahkan.

Baca Juga

  • Hajar Arema FC, Persib Amankan Posisi Puncak Klasemen Liga 1
  • Usai Bungkam Arema, Persib Makin Pede Tandang ke Markas Borneo FC
  • Persib Menelan Kekecewaan Seusai Mengalahkan Arema

Saat ini Persib menjadi penguasa klasemen sementara Liga 1 2018 dengan raihan 38 poin. Posisi puncak diraih Maung Bandung berkat 11 kemenangan, lima kali imbang, dan lima kali kalah.

Statistik mencatat, Persib sebenarnya hanya unggul satu kemenangan dari pesaingnya seperti Madura United, Bhayangkara FC, dan Bali United. Persib pun bukan tim dengan rasio gol terbanyak sampai pekan ke-21.

Klub yang bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu sejauh ini mencetak 33 gol dalam 21 laga. Persib selisih dua gol dari Barito Putera sebagai klub yang paling tajam sejauh ini.

Lantas, mengapa Persib Bandung mampu menjelma menjadi tim yang paling efektif meraih kemenangan? Berikut ini tiga kunci di balik ketangguhan Persib musim ini versi Bola.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bergantung 1 Penyerang

Para pemain Persib Bandung merayakan gol Jonathan Bauman saat melawan Mitra Kukar pada laga Liga 1 Indonesia di GBLA, (8/4/2018). Persib Bandung menang 2-0. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Tidak bergantung dengan satu penyerang membuat Persib susah ditebak. Namun, situasi ini menguntungkan karena di saat satu pemain kesulitan mencetak gol, pemain lainnya bisa memecah kebuntuan.

Sebanyak 33 gol yang dicetak Persib Bandung musim ini, hampir setengahnya berasal dari deretan penyerangnya.

Ezechiel N'Douassel tercatat menyumbang 13 gol, Jonathan Bauman memborong delapan gol, Patrich Wanggai mencetak tiga gol, dan Ghozali Siregar mencetak dua gol.

Tak hanya penyerang, pemain yang berprofesi sebagai bek pun, sesekali mampu menjadi pemecah kebuntuan. Pemain belakang seperti Oh Ih-kyun tercatat sudah menyumbang dua gol dan Supardi Nasir mencetak dua gol.

3 dari 4 halaman

Tangguh di Kandang

Suporter Persib Bandung merayakan gol ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Kamis (13/9/2018). Persib menang 2-0 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persib dikenal sebagai satu di antara klub yang sulit dikalahkan di kandang. Musim ini, Persib mencatatkan delapan kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu mampu mencetak 17 gol di depan pendukung sendiri. Persib juga hanya kebobolan tiga gol selama diasuh pelatih Mario Gomez ketika bermain dihadapan puluhan ribu bobotoh.

4 dari 4 halaman

Lini Pertahanan Tangguh

Pemain Persib Bandung, merayakan gol yang dicetak oleh Bojan Mališic ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Kamis (13/9/2018). Persib menang 2-0 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sampai saat ini, Persib tercatat sebagai tim paling sedikit kebobolan di Liga 1 2018. Gawang Persib baru kebobolan 19 gol dalam 21 laga musim ini.

Hal itu terjadi berkat ketangguhan lini belakang Persib yang sukar ditembus. Kuncinya terletak pada pemain-pemain tangguh semisal Bojan Malisic, Supardi Nasir, Ali Idrus, Oh In-kyun, dan Victor Igbonefo.

Bahkan, postur tubuh tinggi yang dimiliki Bojan Malisic dan Victor Igbonefo kerap menjadi sandungan buat lawan untuk mencetak gol melalui duel udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.