Sukses

5 Fakta Menarik Jelang MotoGP Inggris 2018

Liputan6.com, Jakarta Pagelaran balap MotoGP seri 12 di Grand Prix Inggris dipastikan bakal menjadi panggung rivalitas para pembalap top di kelas utama. Pemandangan itu terjadi mengingat pembalap Ducati Corse sukses mengunci barisan pertama pada balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu (26/8/2018).

Pada hasil kualifikasi Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso meraih posisi satu dan dua pada balapan nanti. Di urutan ketiga terdapat Johann Zarco. Sedangkan Marc Marquez berada di barisan kedua bersama Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci. 

Sementara Valentino Rossi dan Maverick Vinales berada di barisan keempat. Berbicara mengenai balapan di Inggris, hanya dua pembalap yang menang lebih dari sekali di Silverstone sejak tahun 2010. Keduanya adalah Jorge Lorenzo (2010, 2012, dan 2013) dan Marc Marquez (2010--kelas 125cc dan 2014).

Itu merupakan sepenggal fakta yang akan terlihat selama balapan di MotoGP Inggris. Masih ada banyak beberapa data yang belum terungkap.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di sini

2 dari 2 halaman

Berikut 5 Fakta Menarik tentang GP Inggris:

1. Jorge Lorenzo (Tim Ducati Corse) mulai dari posisi terdepan untuk kedua kalinya tahun ini. Total, X-Fuera telah membukukan 67 kalinya sepanjang karier di kejuaraan grand prix. Bersama Ducati, Lorenzo telah mengumpulkan pole position kedua sejak bergabung dengan pabrikan Italia di tahun 2017, menyamai Andrea Iannone (Tim Suzuki Ecstar) di tempat keempat dalam daftar pembalap Ducati dengan sebagian besar posisi pole di kelas utama.

2. Pemenang tahun lalu di Silverstone, Andrea Dovizioso (Tim Ducati) mulai dari posisi kedua di barisan pertama untuk kedua kalinya berturut-turut. Selain itu, ini adalah start baris depan berturut-turut yang ketiga.

3. Ini merupakan kali pertama pembalap Ducati merebut posisi satu-dua di kualifikasi sejak GP Italia kembali pada tahun 2006 dengan Sete Gibernau dan Loris Capirossi.

4. Yamaha yang menempati posisi teratas dan pembalap Tim Independen di grid adalah Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3), yang merupakan barisan depan pertamanya sejak ia berada di posisi terdepan di Le Mans awal musim ini.

5. Marc Marquez (Repsol Honda Team) menempati posisi kelima dan itu merupakan hasil kualifikasi terburuk sejak ia keenam di Mugello awal tahun ini.

(David Permana)