Sukses

8 Pemain Liga Inggris yang Pernah Juara Piala Dunia

Tercatat hanya 19 pemain Liga Inggris yang bermain di final Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola Inggris mengalami perubahan format pada 1992. Namun, tercatat hanya 19 pemain Liga Inggris (Premier League) yang pernah tampil di final Piala Dunia.

Partai puncak Piala Dunia 2018 akan mempertemukan Prancis dengan Kroasia. Liga Inggris kembali mengirimkan wakilnya di partai puncak turnamen empat tahunan tersebut.

Paul Pogba, N'Golo Kante, Hugo Lloris, Olivier Giroud dan Dejan Lovren sepertinya akan menjadi starter di final pada akhir pekan ini. Sementara Benjamin Mendy berkesempatan masuk dari bangku cadangan.

Lantas, siapa saja pemain Liga Inggris yang pernah mengangkat trofi Piala Dunia? Berikut ini daftarnya seperti dilansir Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Andre Schurrle (2014)

Andre Schurrle adalah pemain Jerman pertama yang menyentuh sang pencetak gol kemenangan Mario Gotze saat melakukan selebrasi di final 2014 melawan Argentina. Dia sendiri mencetak gol saat timnya menang 7-1 atas tuan rumah Brasil di pertandingan sebelumnya.

Pemain sayap Chelsea itu sebenarnya tidak menjadi starter final. Namun, dia masih bermain 90 menit hingga akhir extra time setelah menggantikan Christoph Kramer yang mengalami gegar otak selama babak pertama.

3 dari 9 halaman

Frank Leboeuf (1998)

Frank Leboeuf merupakan bagian dari skuat Prancis yang memenangkan Piala Dunia 1998. Ia tampil solid di jantung pertahanan sehingga mampu mencegah para pemain Brasil untuk mencetak gol.

Bek tengah Chelsea itu hanya mendapat satu kesempatan karena bek utama Laurent Blanc terkena suspensi. Rekan sesama Prancis Marcel Desailly kemudian mengikuti Leboeuf ke Chelsea tak lama setelah turnamen.

4 dari 9 halaman

Per Mertesacker (2014)

Per Mertesacker memilih pensiun dari sepakbola internasional pada usia 29 tahun tak lama setelah memenangkan Piala Dunia 2014. Bek Arsenal itu kehilangan tempatnya sebagai bek utama Jerman, tetapi ia sempat bermain beberapa detik terakhir di final setelah mengganti rekan setimnya di Arsenal Mesut Ozil.

Mertesacker kemudian mulai diganggu cedera dan memilih untuk pensiun pada akhir musim lalu pada usia 33 tahun. Performa heroiknya setahun sebelumnya mampu membuat Arsenal memenangkan FA Cup.

5 dari 9 halaman

Emmanuel Petit (1998)

Emmanuel Petit menikmati musim yang luar biasa pada tahun 1997/98. Dengan Arsenal, gelandang Prancis itu memenangkan Premier League dan FA Cup dan menjadi pemain kunci The Gunners di bawah asuhan Arsene Wenger.

Petit melanjutkan kesuksesannya di panggung internasional dengan Prancis. Bahkan, dia ikut mencetak gol ketiga negaranya di final melawan tim favorit Brasil.

6 dari 9 halaman

Fernando Torres (2010)

Meskipun mulai diganggu cedera, Fernando Torres masih dianggap sebagai striker papan atas Premier League pada tahun 2010 setelah mencetak 18 gol dalam 22 penampilan untuk Liverpool di musim menjelang Piala Dunia di Afrika Selatan.

Torres tidak lagi menjadi starter di Spanyol setelah kehilangan tempatnya dari David Villa. Itu artinya dia harus puas menjadi pemain pengganti di final yang dimenangkan oleh La Roja.

7 dari 9 halaman

Mesut Ozil (2014)

Mesut Ozil mulai mengumumkan dirinya di panggung global pada Piala Dunia 2010 sebagai bagian dari tim Jerman. Itu membuatnya pindah ke Real Madrid dan dia kemudian memecahkan rekor transfer Arsenal pada saat turnamen 2014.

Ozil hampir bermain penuh di final melawan Argentina. Dia baru keluar lapangan di akhir babak extra time karena pelatih Jerman Joachim Loew berusaha untuk mengulur-ulur waktu.

8 dari 9 halaman

Patrick Vieira (1998)

Patrick Vieira merayakan ulang tahunnya yang ke-22 selama Piala Dunia 1998 dan tampil sebagai pemain pengganti pada menit ke-74 bagi Prancis. Pada saat itu tuan rumah sudah unggul 2-0 berkat dua sundulan Zinedine Zidane.

Vieira kemudian menjadi starter di final 2006, bermain 56 menit sebelum digantikan oleh Alou Diarra. Namun, saat itu dia sudah tidak lagi bermain di Premier League setelah meninggalkan Arsenal untuk Juventus pada tahun 2005.

9 dari 9 halaman

Cesc Fabregas (2010)

Cesc Fabregas tidak menjadi starter di final 2010 untuk Spanyol melawan Belanda. Namun kapten Arsenal itu punya peran penting saat laga final lewat assist-nya sehingga Andres Iniesta bisa mencetak gol kemenangan pada menit 116.

Pada tahun 2010, Fabregas sudah sangat santer akan bergabung kembali dengan klub masa kecil Barcelona dari Arsenal. Transfer tersebut akhirnya baru bisa terwujud pada tahun berikutnya.

 

Sumber: Bola.net

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.