Sukses

Suporter Inggris soal Kekalahan Jerman: Karma Itu Nyata...

Salah satu gol yang didapat oleh Korea Selatan saat berhadapan dengan Jerman dinyatakan sah oleh wasit dengan bantuan VAR.

Liputan6.com, Kazan - Secara mengejutkan Tim Nasional Korea Selatan mengalahkan Jerman pada babak penyisihan grup F Piala Dunia 2018 dengan skor dramatis 2-0. Hasil ini secara otomatis membuat Swedia dan Meksiko berhak atas laga selanjutnya di 16 besar.

Tak hanya disambut baik oleh penggemar Meksiko, sejumlah pecinta sepak bola dari Inggris juga menyampaikan rasa suka citanya lewat media sosial. Bahkan, mereka menyebut bahwa kekalahan Jerman adalah sebuah karma.

Dikutip dari laman Caughtoffside.com, Kamis (28/6/2018), salah satu gol yang didapat oleh Korea Selatan dinyatakan sah oleh wasit dengan bantuan VAR -- sebuah teknologi baru di pertandingan sepak bola.

Korsel sukses menjebol gawang Jerman lewat gol Kim Young-gwon. Hakim garis sempat mengangkat bendera tanda offside.

Tapi wasit kemudian meninjau VAR. Setelah melihat rekaman ulang, wasit memutuskan Kim tidak offside dan mengesahkan gol tersebut.

Suporter dari Inggris memaknai hal ini sebagai sebuah karma. Pasalnya, pada Piala Dunia tahun 2010, tendangan yang dilakukan oleh Frank Lampard telah memasuki mistar gawang yang dijaga oleh Joachim Low.

Namun, hakim garis dan wasit tak menganggapnya sebagai gol. Saat itu, teknologi VAR belum ada sehingga semua tidak ada pemutaran video yang menayangkan rekaman ulang kejadian.

Inggris pun harus menyerah 4-1 dari Jerman pada saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

"Karma itu nyata *Lampard tertawa*," ujan=r @virgiiiawan.

"Delapan tahun lalu, tendangan Lampard ditolak oleh wasit. Inggris kalah dan harus pulang. Ini adalah karma," tulis @JPerry0401.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respon Penggemar Timnas Meksiko

Keterpurukan Jerman pada babak penyisihan ini disambut suka cita oleh Timnas Meksiko yang secara otomatis lolos ke babak berikutnya. Sebagai ungkapan rasa syukurnya, warga di Meksiko merayakan momen itu dan dan mengucapkan terima kasih kepada Korea Selatan.

Dikutip dari laman Vox.com, di Meksiko sendiri ratusan pendukung timnya bernyanyi dan bertepuk tangan serta berbodong-bondong datang ke kedutaan besar Korea Selatan di negaranya.

Menanggapi hal ini, Duta Besar Korsel untuk Meksiko Byoung Jin-han, memutuskan untuk bergabung pada perayaan tersebut. Bahkan, Dubes Jin-han ikut minum tequila dengan sejumlah fans.

Dalam sebuah rekaman video, penggemar sepak bola Meksiko secara bersamaan menggendong Dubes Byoung Jin-han sambil berteriak 'Korea... Korea..."

Jantung para suporter Meksiko hampir copot saat mengetahui timnya kalah dari Swedia 3-0. Satu-satunya harapan agar dapat melaju ke fase selanjutnya adalah menunggu kekalahan Jerman.

Meski demikian, Jerman bukanlah tim yang lemah. Sehingga mereka khawatir jika mantan juara dunia itu dapat mengalahkan Negeri Gingseng.

Namun, keajaiban malah terjadi. Korea Selatan yang pada pertandingan sebelumnya kalah dari Meksiko dan Swedia malah membuat kejutan dan secara dramatis menang 2-0 dari Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.