Sukses

Deretan Angka dalam Perjalanan Karier Gianluigi Buffon

Berikut ini perjalanan karier Gianluigi Buffon yang terangkum dalam angka.

Jakarta, - Gianluigi Buffon memutuskan untuk meninggalkan Juventus pada akhir musim ini. Kamis (17/5/2018). Buffon memilih menyudahi kariernya di klub Turin itu dan tak memperpanjang kontraknya bersama Juve, yang berakhir pada 30 Juni 2018.

Baca Juga

  • Tinggalkan Juventus, Buffon Diminati Liverpool dan Manchester City
  • Liverpool Siap Tampung Gianluigi Buffon
  • Gianluigi Buffon Resmi Pergi dari Juventus

"Ini adalah hari yang sangat emosional bagi saya dan saya berada di sini di belakang perjalanan luar biasa dan indah, berbagi dengan begitu banyak orang yang sangat peduli dengan saya," kata Buffon.

"Sebagai cara untuk membalas kepercayaan dan kasih sayang mereka kepada saya, saya selalu berusaha memberikan yang terbaik," lanjutnya dalam jumpa pers bersama Presiden Juventus, Andrea Agnelli.

Gianluigi Buffon mulai berseragam Juventus pada 3 Juli 2001. Mantan penjaga gawang timnas Italia itu ditebus Juve dari Parma dengan banderol yang mencapai 52 juta euro.

Buffon merupakan satu di antara pemain yang paling loyal di skuat Si Nyonya Tua. Saat Juventus terdegradasi ke Serie B pada musim 2006-2007, Buffon memutuskan untuk tetap bertahan.

Berkat perannya di bawah mistar gawang, Juventus kembali ke Serie A pada musim 2007-2008. Selama 17 musim membela I Bianconeri, kiper 40 tahun tersebut telah meraih 21 titel juara, termasuk dua Scudetto yang dicoret akibat skandal Calciopoli pada 2006.

Akan tetapi, Gianluigi Buffon belum pernah sekalipun membawa Juventus meraih gelar juara di turnamen Eropa. Prestasi terbaiknya bersama Juve adalah runner-up Liga Champions pada 2003, 2015, dan 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelanjutan Karier

Setelah meninggalkan Juventus, Buffon belum memutuskan kelanjutan kariernya. Dalam beberapa hari ke depan, sang kiper bakal mengumumkan apakah akan tetap bermain atau memutuskan pensiun sebagai pesepak bola.

"Jika masa depan saya memang berada di luar lapangan, saya perlu menjalani kursus pelatihan untuk memahami jalan yang benar dan peran apa yang dapat saya tempati," kata Buffon.

"Jika saya memutuskan untuk melanjutkan karir di lapangan, saya akan mempertimbangkan apakah masih memiliki dorongan dan kekuatan yang diperlukan."

"Ini adalah sesuatu yang harus saya pikirkan dengan panjang dan keras. Saya tidak ingin berakhir bermain di liga lebih rendah," paparnya.

Sepanjang kariernya, Gianluigi Buffon telah menorehkan berbagai prestasi gemilang. Berbagai titel juara juga berhasil direngkuh pria kelahiran 28 Januari 1978.

 

3 dari 3 halaman

Berikut ini adalah perjalanan karier Buffon dalam angka:

17 - Gianluigi Buffon menjalani debut bersama Parma ketika masih berusia 17 tahun saat menghadapi AC Milan pada 1995.

639 - Buffon menjalani 639 pertandingan di Serie A bersama Parma dan Juventus. Dia juga mencatatkan 37 penampilan bersama Juventus di Serie B pada musim 2006-2007. Juve terdegradasi ke Serie B akibat skandal Calciopoli pada 2006.

875 - Gianluigi Buffon tercatat menjalani 875 pertandingan di level klub. Dari jumlah tersebut, Buffon kebobolan 729 gol dan mencatatkan 383 clean sheets.

300 - Gianluigi Buffon mencatatkan 300 clean sheets dari 655 pertandingan bersama Juventus di seluruh ajang kompetisi.

10 - Buffon menorehkan 10 clean sheets secara beruntun di Serie A pada musim 2015-2016. Jumlah tersebut merupakan sebuah rekor di Serie A.

21 - Rekor 21 clean sheets Gianluigi Buffon di Serie A musim 2011-2012 dan 2015-2016 sampai saat ini belum bisa dipecahkan oleh kiper lain.

9 - Buffon berhasil meraih sembilan gelar juara Serie A, semuanya bersama Juventus. Dia adalah satu-satunya pemain yang sukses menorehkan hal tersebut. Akan tetapi, dua dari sembilan Scudetto itu dicabut akibat skandal Calciopoli yang melibatkan Juventus.

5 - Buffon juga tercatat meraih lima gelar Coppa Italia (1 bersama Parma dan 4 dengan Juventus). Kiper 40 tahun itu juga pernah menjuarai Piala UEFA bersama Parma pada musim 1998-1999.

0 - Sampai saat ini, Buffon belum pernah merengkuh titel juara Liga Champions. Prestasi terbaiknya di pesta sepak bola antarnegara Eropa itu adalah runner-up pada musim 2003, 2015, dan 2017.

176 - Buffon menjadi pemain yang paling sering tampil bersama timnas Italia, yakni 176 laga. Dia juga mencatatkan 77 clean sheets dan membawa Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

5 - Gianluigi Buffon telah lima kali tampil pada putaran final Piala Dunia. Catatan tersebut membuat Buffon menjadi pesepak bola yang paling sering bermain pada putaran final Piala Dunia, bersama Antonio Carbajal (timnas Meksiko) dan Lotthar Matthaeus (timnas Jerman).

4 - Gianluigi Buffon ikut membela timnas Italia dalam empat Piala Eropa, dan meraih status runner-up pada 2012.

Sumber: Reuters, Football Italia

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.