Sukses

Mobil F1 Artyton Senna Laku Rp 70 Miliar

Tidak diketahui siapa yang membeli mobil F1 McLaren 1993.

Liputan6.com, Monaco Mobil Formula 1 (F1) McLaren 1993 terjual seharga 4,19 juta euro atau sekitar Rp 70 miliar. Mobil yang dikendarai juara dunia asal Brasil, Aryton Senna itu, terjual dalam lelang di Monaco, baru-baru ini.

Namun, juru lelang Bonhams tidak mengungkapkan siapa pembeli mobil F1 bertenaga MP4/8A Ford Cosworth itu. Mereka cuma menyebutkan mobil itu terjual setelah adanya pertukaran penawaran yang panjang dan bersemangat.

Laporan media menyebutkan mantan juara F1 Bernie Ecclestone, yang berada di Monaco dan mempunyai banyak koleksi mobil balap, telah membelinya. Tetapi, dia membantah kabar itu kepada media melalui telepon.

McLaren merupakan mobil F1 terakhir yang berlomba di sirkuit jalanan oleh tiga juara, yang meninggal di sirkuit Imola Italia di Williams pada Mei 1994. Mobil itu membawa Senna ke rekor kemenangan keenamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Historis

Bonhams mengatakan mobil yang berfungsi penuh, dengan mesin V8 asli dan gearbox, merupakan mobil F1 McLaren yang paling penting secara historis dan pernah disajikan di lelang.

Mobil pertama Senna di Monaco, Toleman-Hart TG184 tahun 1984, juga dijual di lelang Les Grandes Marques a Monaco seharga 1,6 juta euro. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.