Sukses

Target Realistis AC Milan di Kompetisi Eropa

AC Milan juga sudah lama tidak merasakan gelar Coppa Italia.

Liputan6.com, Jakarta Klub raksasa Serie A, AC Milan, kembali menjadi sorortan. Bukan soal pembelian pemain anyar atau gonta-ganti pelatih, skuat asuhan Gennaro Gattuso ini, jadi perbincangan, karena bakal tampil di partai puncak salah satu kompetisi di negeri itu.

Kali ini AC Milan bakal tampil di final Coppa Italia. Lawan yang akan dihadapinya pun sangat tangguh, Juventus. Laga final antara AC Milan dan Juventus ini, akan digelar di Stadion Olimpico, Roma, Kamis dini hari WIB (10/5/2018).

Sekadar catatan, laga final Coppa Italia musim ini merupakan ulangan edisi 2015-2016. Saat itu dalam laga yang juga digelar di Stadion Olimpico, Juventus menang 1-0 lewat gol Alvaro Morata di masa perpanjangan waktu.

Juventus dan AC Milan melaju ke partai final setelah mengalahkan lawannya masing-masing. Juventus menyisihkan Atalanta dengan skor agregat 2-0.

Ini akan menjadi final ke-18 Juve di Coppa Italia. Mereka pun tercatat sebagai klub yang paling sering tampil di final Coppa Italia, mengungguli AS Roma (17 kali).

Sedangkan, I Rossoneri menyingkirkan Lazio di semifinal. Pada duel leg kedua semifinal itu, AC Milan menahan tuan rumah Lazio 0-0, sebelum kemudian dituntaskan lewat adu penalti.

Drama adu penalti dilakukan setelah pada leg pertama di kandang AC Milan, skor juga berakhir 0-0. AC Milan kemudian memastikan diri lolos ke final setelah menang 5-4.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiket Liga Europa

Bagi AC Milan, laga nanti bakal menentukan langkah selanjutnya di pentas Eropa. Rossoneri harus meraih gelar ini demi meraih tiket Liga Europa.

Kalinic dan kawan-kawan saat ini memang masih bertenger di zona Liga Europa. Milan menempati posisi keenam di klasemen sementara.

Namun, urutan ini masih rawan tergusur. Milan yang mengumpulkan poin 60, masih dibayang-bayangi dua tim di bawahnya, Atalanta dan Fiorentina, yang hanya berselisih satu dan tiga poin.

Gattuso dikabarkan sudah bertemu dengan Manajer Umum AC Milan, Marco Fassone, dan Direktur Olahraga Milan, Massimiliano Mirabelli untuk membahas masa depan tim. Mereka sepakat cara lain untuk lolos ke Eropa adalah memenangkan Coppa Italia melawan Juventus.

3 dari 3 halaman

Jaga Gengsi

Baik Juventus dan AC Milan jelas menargetkan diri dapat meraih kemenangan di laga nanti. Ini adalah partai final ke-15 bagi AC Milan dan ke-19 bagi Juventus di ajang Coppa Italia.

Juventus ingin menunjukkan dominasi mereka di Coppa Italia. Sebelum menembus partai puncak musim ini, tim asuhan Massimiliano Allegri itu tiga kali beruntun keluar sebagai kampiun.

AC Milan sejauh ini baru memenangkan 5 gelar Coppa Italia. Sudah 14 tahun ini mereka tak pernah lagi menjuarai piala ini. Milan memenangi Coppa Italia pada 1967, 1972, 1973, 1977, dan 2003.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.