Sukses

Klopp: Liverpool Beruntung Punya Mohamed Salah

Mohamed Salah akan kembali jadi sorotan saat Liverpool melawat ke markas AS Roma, mantan klubnya.

Liputan6.com, Roma - Keputusan Liverpool merekrut Mohamed Salah sangat tepat. Tanpa butuh waktu lama, Salah langsung jadi pemain andalan The Reds. Pelatih Jurgen Klopp pun mengklaim bahwa Liverpool beruntung memiliki Salah.

Liverpool memanfaatkan buruknya kondisi finansial AS Roma untuk merekrut Mohamed Salah pada musim panas 2017. Saat pemain-pemain seperti Neymar, Kylian Mbappe, Romelu Lukaku dipinang dengan harga tinggi, Liverpool hanya butuh merogoh kocek 42 juta euro untuk mendapatkan Salah.

Dan Mohamed Salah mampu melebihi ekspektasi banyak pihak dari segi performanya bersama Liverpool. Sudah begitu banyak rekor yang diukirnya setelah menyumbang 43 gol dan 15 assist dari 48 pertandingan.

Pemain asal Mesir itu masih memiliki kesempatan untuk terus menorehkan prestasi. Kontribusinya kembali dibutuhkan saat The Reds melawat ke markas AS Roma pada leg kedua semifinal Liga Champions 2017/2018 di Stadio Olimpico, Kamis (3/5/2018) dinihari WIB.

"Ia sudah dewasa. Ia mendapat kepercayaan di sini. Ia datang dari Chelsea ke Florence dan memainkan musim yang bagus, tak sebagus di Roma, dan kemudian ia tumbuh dan sekarang jadi seorang pemain," ujar Klopp, dilansir situs Liverpool.

"Kami adalah orang-orang yang beruntung memilikinya saat ini di tim. Bukan berarti saya akan menjelaskan kepadanya secara pasti bagaimana caranya mencetak gol, ia sudah tahu itu sebelumnya. Tapi, setiap striker di dunia tak memulai usia 18 tahun sebagai pencetak gol," ia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Salah

Liverpool sendiri tak memiliki tugas yang berat untuk mengamankan tiket final. Jalan mereka sudah dipermudah berkat hasil mengesankan pada leg pertama di Anfield. Mereka menaklukkan Roma 5-2. Dan empat gol yang tercipta adalah hasil dari peran Salah.

Di laga tersebut, pemain berusia 25 tahun itu menyumbang dua gol dan dua assist. Dengan hasil itu, Liverpool akan tetap lolos ke final meski kalah di markas Roma dengan margin tak lebih dua gol.

"Ia perlu membangun pengalamannya sendiri dan itulah yang Mo lakukan dalam kondisi sangat sulit. Datang terlalu dini dari Mesir ke Swiss, lalu ia melakukan semua perjalanan itu, membawa semua tanggung jawab besar. Pada akhirnya, ia punya rekan setim yang hebat dan mereka suka bagaimana ia membantunya," tutur Klopp.

 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

AS Roma (4-3-3): Alisson; Alessandro Florenzi, Federico Fazio, Kostas Manolas, Aleksandar Kolarov; Kevin Strootman, Daniele De Rossi, Radja Nainggolan; Cengiz Under, Edin Dzeko, Diego Perotti.

Pelatih: Eusebio Di Francesco (Italia)

Liverpool (4-3-3): Loris Karius; Tren Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, James Milner; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.