Sukses

Bobotoh Kecewa, Persib Akhirnya Buka Suara soal Status Soler

Aksi itu dipicu keraguan terkait status Fernando Soler sebagai asisten pelatih Persib.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris tim Persib Bandung, Yudiana, mengklarifikasi peran Fernando Gaston Soler di tim Maung Bandung. Penjelasan diberikan menyusul ramainya pembahasan masalah tersebut di media sosial.

Bahkan, saat berlangsung sesi latihan Persib di lapangan Sport Arcamanik, Kota Bandung, Rabu (4/4/2018), beberapa bobotoh membentangkan spanduk bertulikan "Soler Out, There are Still A lot Better".

Status Fernando Soler sebagai asisten pelatih Persib kini mulai dipertanyakan. Belakangan muncul rumor, status Soler yang sebenarnya di Persib adalah penerjemah pelatih kepala Persib asal Argentina, Mario Gomez.

Yudiana mengatakan, posisi Soler di Persib memang sebagai interpreter atau pengalih bahasa. Pasalnya, dalam regulasi GO-Jek Liga 1 2018 bersama BukaLapak disebutkan tim peserta tidak diperkenankan mendaftarkan dua asisten pelatih.

Menurut Yudiana, penyertaan jabatan Soler sebagai interpreter dalam daftar susunan pemain sebenarnya sudah sesuai aturan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sesuai Aturan

Yudiana merujuk kepada regulasi yang diterbitkan operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB), yang tercantum pada Pasal 30 ayat ‎5.

"Manajemen patuh kepada regulasi yang diterbitkan oleh pihak LIB, yang mana tertera di situ jika jabatan seorang asisten pelatih hanya boleh diisi oleh satu orang,"‎ kata Yudiana, seperti dilansir situs resmi klub.

"Jadi dengan mengikuti aturan dari LIB, Soler di sini menjabat sebagai penerjemah daripada Mario Gomez, yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pemain dan pelatih," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Lisensi Pelatih

Karena itu, Persib tetap mendaftarkan satu asisten pelatih, yakni Mochammad Herrie Setyawan, untuk mendampingi pelatih kepala Mario Gomez. Meskipun saat ini, proses persamaan lisensi kepelatihan Fernando Soler di tingkat AFC masih berlangsung.

"Yang bersa‎ngkutan juga sebenarnya memiliki lisensi kepelatihan di Argentina. Namun, itu masih dalam proses persamaan dengan ‎lisensi kepelatihan yang ada di kita, yaitu yang diterbitkan AFC. Tapi, tetap saja setelah proses itu misalkan selesai, asisten pelatih PERSIB adalah Herrie," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.