Sukses

Keputusan Kontroversial Wasit Asing Bikin Persib Kalah

Wasit tidak menganggap sundulan pemain Persib Ezechiel N'Douassel berbuah gol.

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung kalah 0-1 dari Persija Jakarta pada laga lanjutan pekan 33 Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11/2017). Gol kemenangan Persija dicetak Bruno Lopes melalui eksekusi titik penalt.

Usai pertandingan, pelatih Persib, Emral Abus, mengungkapkan konsentrasi pemain tim berjuluk Maung Bandung terpengaruh dari gol Ezechiel N'Douassel yang tak dianggap wasit.

Saat itu wasit Evans Shaun Robert membuat keputusan kontroversial. Ia tidak menganggap sundulan Ezechiel N'Douassel di menit ke-28 berbuah gol.

Padahal, bola tersebut sudah mengenai jala di dalam gawang bagian atas. "Ini yang mungkin mengganggu konsentrasi pemain," kata Emral kepada wartawan, seperti dilansir situs resmi klub.

Meski begitu, Emral mengatakan para pemainnya bisa melanjutkan pertandingan di babak kedua dengan baik. Ia bahkan memuji Essien dkk yang mampu tampil penuh kerja keras dan menerapkan strategi yang telah disiapkan jajaran pelatih sebelumnya.

"Secara strategi di atas lapangan, pemain sudah bagus dan main all out," kata pelatih Persib ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontroversi

Duel El Clasico Indonesia ini, ditandai dengan sikap Persib yang memutuskan mundur dalam laga ini pada menit ke-81.

Sejumlah kontroversi terjadi dalam laga antara Persija dan Persib di Stadion Manahan. Persib mungkin bisa unggul jika golnya tidak dianulir wasit asing asal Australia, Evans Shaun Robert.

Persib juga langsung kehilangan gelandang bertahannya saat laga belum genap 10 menit. Kim Jeffrey Kurniawan harus ditarik keluar lapangan dan digantikan Dedi Kusnandar. Kim Jeffrey ditarik lantaran mengalami cedera yang cukup serius setelah ditekel keras oleh Rudi Widodo.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga 1

Kemenangan ini membawa Persija Jakarta naik satu peringkat ke posisi kelima di klasemen Liga 1 dengan menggeser Madura United. Persija saat ini mengumpulkan 58 poin dari 33 laga yang sudah mereka mainkan.

Sementara Persib tertahan di posisi ke-11 klasemen Liga 1 dengan 41 poin. Persib telah memainkan jumlah pertandingan sama dengan Persija, 32.

Sementara itu, Bhayangkara FC berhasil menahan imbang 1-1 saat jadi tamu Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut. Satu poin yang mereka dapat ini sedikit memperpanjang napas BFC dari kejaran Bali United di puncak klasemen Liga 1. Keduanya kini hanya berselisih satu poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.