Sukses

Wasit Asing Akan Debut di Pekan ke-18 Liga 1

PSS percaya penggunaan wasit asing di Liga 1 baik untuk sepak bola Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Enam wasit asing siap memimpin pertandingan di paruh musim kedua Liga 1. Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono percaya penggunaan wasit asing baik untuk sepak bola Indonesia.

"Hari ini PSSI kedatangan enam wasit asing, dua wasit utama, empat referee asistant, dari Kyrgiztan dan Australia. Minggu depan akan
datang tiga wasit Iran, satu wasit utama, dua hakim garis. Ini adalah komitmen PSSI untuk menciptakan integritas, performa, dan image kompetisi, mudah-mudahan kehati-hatian ini bisa kita implemenatasikan dengan kehadiran wasit asing," kata Joko di Wisma Kemenpora, Kamis (3/8/2017).

Salah satu wasit utama yang bakal memimpin pertandingan Liga 1, Shaun Robert Evans mengatakan, federasi Australia mengirimkan dirinya sebagai bagian dari komitmen sesama federasi dalam membina hubungan baik dan meningkatkan kualitas sepak bola di kawasan Asia. Wasit langganan A-League ini akan berupaya menampilkan standar terbaik di Liga 1.

“Saya datang ke sini untuk membantu dan memantapkan standar tertinggi seperti yang kami lakukan di A-League di sepak bola Indonesia. Kami pasti akan melakukan yang terbaik dan menjadi contoh yang baik bagi liga teratas di Indonesia. Dan kami siap untuk memimpin di akhir pekan ini, ucap pria yang dipanggil Shaun kepada PSSI," katanya dalam rilis resmi PSSI.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha mengatakan, keberadaan wasit asing harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh wasit lokal. Rencananya, para wasit ini akan mulai memimpin pada pertandingan pekan ke 18 Gojek Traveloka Liga 1.

"Ini adalah salah satu upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas dan wibawa pertandingan Liga 1. Kami juga berharap ada transfer ilmu dan pengalaman dengan wasit lokal," ujarnya singkat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Wasit Asing yang Bakal Bertugas di Liga 1

1. Shaun Robert Evans (Wasit)
FIFA Referee sejak 2016
A-League Referee sejak 2012
Wasit Final Chinese FA Cup
Wasit West Sydney vs Arsenal

2. George Lakrindis (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2015
A-League Assistant Referee sejak 2010
Pertandingan Internasional Pertama : Bosnia vs Denmark (Kirin Cup)

3. Wilson Brown (Asisten Wasit)
A-League Assistant sejak 2015
Semi Final FFA Cup Assistant Referee

4. Shekerbekov Rysbek (Wasit)
FIFA Referee sejak 2012
Kyrgystan TOP league sejak 2010
Wasit pertandingan international sejak 2014

5. Skopintsev Artem (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2009
Kyrgystan TOP league sejak 2003
AFC Cup Assistant Referee sejak 2012

6. Salybaev Eldiiar (Asisten Wasit)
FIFA Assistant Referee sejak 2015
Kyrgystan TOP league sejak 2010
Assistant Referee pertandingan international sejak 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.