Sukses

5 Fakta Unik soal The Next Ronaldo, Andre Silva

Liputan6.com, Jakarta- Nama Andre Silva belakangan menjadi buah bibir musim panas ini. Pemain 21 tahun itu baru saja menyelesaikan kepindahannya dari FC Porto ke AC Milan dengan mahar 38 juta euro. 

Sudah sejak lama, Silva jadi pemain rekomendasi dari Cristiano Ronaldo langsung untuk klub-klub Eropa. Dia bahkan dijuluki sebagai The Next Cristiano Ronaldo.

Penyerang 21 tahun itu juga masuk nominasi lima pemain muda terbaik under 21 di bawah Kylan Mbappe. Silva juga punya dua digit gol, bahkan, musim lalu sukses catatkan total 20 gol untuk FC Porto.

Bukan cuma gol, dia juga membantu buka ruang buat rekannya dengan bukti tujuh assists yang ditorehkan. Berarti dia terlibat dalam 27 gol dalam 36 penampilan di semua kompetisi buat Porto. Bandingkan dengan striker Milan, Carlos Bacca yang total cuma mencetak 14 gol dan tiga assists buat Milan.

Ada lima hal yang wajib Anda ketahui soal Andre Silva. Apa saja itu? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda.

 

2 dari 6 halaman

5. Fans Berat Ronaldo

Ketika seorang Ronaldo menganggap Anda adalah pewarisnya, Anda jelas memiliki kesempatan besar untuk berhasil sampai ke puncak. Berbicara pada Maret lalu, Ronaldo membantah Portugal akan merosot saat dirinya pensiun.

"Ketika saya pensiun, Portugal masih berada di tangan yang baik. Kami memiliki pemain depan yang hebat seperti Andre Silva," puji Ronaldo.

Ronaldo telah mencetak 73 gol di tingkat internasional dalam 139 penampilan. Silva sendiri baru mengemas 10 gol untuk Portugal, tapi umurnya yang baru 21 tahun jelas kalau torehan Ronaldo bisa dipecahkannya.

 

3 dari 6 halaman

4. Dibandingkan dengan CR7

Ronaldo mungkin telah mendukung bakat Silva. Namun, dia belum pernah membandingkan pemain AC Milan tersebut dengan dirinya sendiri.

Namun, pelatih timnas junior Purtugal, Alexandre Silva, punya pendapat sendiri. "Andre memiliki kapasitas untuk bermain sebagai ujung tombak yang menyerang tapi dia juga bisa bersinar dalam peran lain," jelasnya kepada Maisfutebol.

"Dia memiliki kemampuan luar biasa untuk mengubah kecepatannya, memiliki teknik bagus, bermain dengan kedua kaki dengan mudah dan memiliki naluri menyerang yang gila," sambung dia.

 

4 dari 6 halaman

3. Perjuangan Berat Tembus Tim Utama Porto

Ledakan luar biasa Silva selama musim 2016-17 membuatnya mencetak 16 gol dalam 32 pertandingan di liga. Namun, selalu ada cerita di balik kesuksesan.

Pada Januari 2016, sepertinya waktu dia di Porto hampir berakhir. Sebab, Julen Lopetgui, yang sempat mempercayainya dipecat dan Jose Peseiro mengambil alih. Setelah terbuang, dia tiba-tiba mendapat kesempatan untuk membuktikan dan itu dibuktikan saat mencetak gol pertamanya di liga melawan Boavista.

Saat tampil di kompetisi Taca de Portugal, dia membuat kesan yang besar. Meski Porto kalah 2-4 dari Braga melalui adu penalti, ia mencetak dua gol untuk membantu timnya pulih dari ketertinggalan 0-2 menjadi imbang 2-2 pada waktu normal. Dari situ, awal kariernya di Porto dimulai.

 

5 dari 6 halaman

2. Pernah Dihargai 1.000 Euro

Permulaan karier Silva sangat dimulai dari bawah. Dia memulai karier bersama Salgueiros dan menarik perhatian saat memimpin timnya meraih sukses mengejutkan 3-2 atas tim muda Porto pada 2010.

"Porto telah memenangkan semua permainan mereka sampai saat itu dan kami mengejutkan mereka," kata pelatih Alexandre Silva kepada Maisfutebol. "Kami tampil bagus dengan Andre yang menonjol. Dia mencetak gol dan jadi penemuan kami yang mutakhir."

Porto telah melihat cukup banyak pemain muda untuk direkrut. Tapi mereka acap tak mau keluarkan uang besar. Ini menjadi alasan saat Porto cuma bayar 1.000 euro saja saat datangkan dia dari Salgueiros dan mendapatkan berkali-kali lipat saat ini.

 

6 dari 6 halaman

1. Dia Gamers Sejati FIFA

Seperti banyak pemain, ia menikmati waktu luangnya bermain video game, dan FIFA jadi favoritnya. Berbicara sebelum Piala Dunia U-202015, rekan setimnya Ivo Rodrigues pernah membeberkan gaya mainnya di FIFA.

"Saya selalu mengalahkannya di PlayStation. Dari setiap 10 pertandingan yang kami mainkan, saya menang delapan dan itu membuatnya menangis!" canda Rodriguez.

Silva membalas: "Itu tidak benar. Kami bermain sebuah turnamen beberapa hari yang lalu antara kami semua dan saya memenangkannya, setelah menjatuhkannya (Rodrigues) di babak 16 besar. Dia adalah seorang serigala besar, dia sampah di PlayStation."

Dia pasti tidak akan senang dengan ratingnya di edisi 2017. Namun dia harus upgrade dirinya sendiri pada edisi 2018 lewat penampilan istimewanya.

I. Eka Setiawan

Loading