Sukses

5 Eksekutor Tendangan Bebas Terbaik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi penendang tendangan bebas bukanlah tugas mudah. Bisa dibilang beberapa pemain saja yang punya keahlian.

Namun, beberapa nama di bawah ini bahkan pantas disematkan sebagai eksekutor terbaik dalam tendangan bebas.

Meski sang eksekutor si hanya punya sudut sempit saja untuk dibidik, gol-gol indah kerap tercipta dari tendangan bebas.

Maka, mencetak gol melalui tendangan bebas bisa dibilang harus punya keterampilan khusus. Sebab, ada sebuah seni tersendiri dalam melakukannya.

Berikut ada lima pemain yang bisa dibilang sebagai eksekutor tendangan bebas terbaik dikutip dari Sportskeeda:

2 dari 6 halaman

Neymar

Pemain Barcelona ini memang diberkati bakat besar. Neymar telah menetak beberapa gol tendangan bebas luar biasa baik di Barcelona maupun Timnas Brasil.

Bahkan, Neymar menjadi salah satu pahlawan saat Barcelona melakukan comeback gemilang melawan Paris Saint-Germain di Liga Champions.

Tendangan bebasnya menit ke-88 menjadi salah satu yang terbaik dan menginspirasi Barca untuk lolos ke babak 8 besar.

Neymar. (AFP/Jose Jordan)

3 dari 6 halaman

Lionel Messi

Karier sepak bola megabintang Barcelona, Lionel Messi, berbanding lurus dengan prestasi dan juga rekor-rekor yang tercipta atas namanya sendiri. Baru-baru ini, El Messiah mencetak rekor lagi.

Messi kembali memperlihatkan kehebatannya melepaskan eksekusi tendangan bebas, setelah mencetak satu gol dari bola mati dalam kemenangan 3-1 atas Athletic Bilbao, Januari lalu.

Lionel Messi. (AFP/Pau Barrena)

Gol dari eksekusi tendangan bebas tersebut menjadi gol ke-26 Messi. Jumlah tersebut menyamai rekor yang dipegang mantan penggawa Blaugrana, yang kini menjadi manajer Everton, Ronald Koeman.

4 dari 6 halaman

Dimitri Payet

Dimitri Payet. (AFP/Glyn Kirk)

Salah satu eksekutor tendangan bebas yang paling ditakuti saat ini adalah Dimitri Payet. Dia bisa dibilang sangat sering mencetak gol dari berbagai posisi melalui tendangan bebas.

Payet sendiri pernah menjadi pahlawan kemenangan 3-2 Prancis atas Kamerun pada laga persahabatan di Stade de la Beaujoire tahun lalu melalui tendangan bebasnya.

Gelandang yang kini perkuat Marseille itu menentukan kemenangan Prancis lewat golnya dari tendangan bebas pada menit ke-90. Bola hasil tendangan Payet meluncur deras ke gawang kawalan Fabrice Ondoa.

5 dari 6 halaman

Miralem Pjanic

Dibeli oleh Juventus sebagai pengganti Paul Pogba, Pjanic seperrti cepat memainkan perannya sebagai kepala playmaker bersama Juventus. Keterampilannya dan kemampuan teknis luar biasa membuat Pjanic acap menjadi eksekutor tendangan bebas.

Miralem Pjanic. (AFP/Marco Bertorello)

Bahkan, legenda Brasil, Juninho Pernambucano memberikan pujian atas kemampuan Miralem Pjanic dalam mengeksekusi tendangan bebas. Banyak yang mengira bahwa kemampuan Pjanic mengambil tendangan bola mati bebas berasal dari Juninho yang pernah satu tim di Lyon beberapa tahun lalu.

Namun menurut Juninho, PJanic memiliki gaya sendiri dan saat ini merupakan salah satu eksekutor tendangan bebas terbaik di dunia. "Apakah saya mengajarinya untuk mengambil tendangan bebas? Setiap orang memiliki gaya sendiri, dan dia selalu memiliki tembakan yang baik. Kemampuan untuk menembak bola dalam cara berbeda, dengan lengkungan, dengan tenaga dan efek," ujar Juninho.

6 dari 6 halaman

Hakan Calhanoglu

Pemain Turki berusia ini memang langganan mencetak gol indah lewat tendangan bebas. Talenta gelandang ini terletak di eksekusi tendangan bebasnya.

Calhanoglu masih dinantikan banyak pecinta sepak bola untuk segera pindah ke klub yang lebih besar untuk memperjelas kemampuanya dalam mengolah bola dan itu sepertinya hanya masalah waktu.

Hakan Calhanoglu. (AFP/Patrick Stollarz)

Pemain 21 tahun ini sudah mencetak 11 gol dari tendangan bebas langsung dalam 75 pertandingan. Salah satu yang diingat adalah tendangan bebas 50 ke gawang Borussia Dortmund di Bundesliga. (I. Eka Setiawan)