Sukses

MotoGP: Renovasi Sirkuit Catalunya Rampung

Renovasi dilakukan di tikungan ke-13. Karakter tikungan lebar itu dianggap membahayakan keselamatan pembalap.

Liputan6.com, Barcelona - Sirkuit MotoGP 2017 akan merasakan perubahan selama mengaspal di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, 11 Juni mendatang. Ini terjadi lantaran ada penambahan Chicane (dua atau lebih tikungan berbeda arah yang letaknya beruntun).



Seperti dilansir GPupdate, Minggu (5/2/2017), perubahan itu terjadi tepat di tikungan ke-13. Karakter tikungan lebar itu dianggap membahayakan pembalap, sehingga dialihkan menjadi trek dengan karakter lambat dengan mengurangi lebar lintasan.

Perubahan tata letak sirkuit hanya berpengaruh pada ajang balap MotoGP saja dan tidak dengan Formula 1. Chicane sebelum tikungan terakhir agak sedikit berubah untuk menghindari risiko kecelakaan.

Ini adalah salah satu respon yang ditunjukkan otoritas tertinggi balap motor terkait insiden kecelakaan hebat yang merenggut nyawa Luis Salom. Pembalap Moto2 itu tewas saat menjalani sesi latihan bebas di Sirkuit Catalunya, pada 22 Juni lalu.

Saat itu Salom terlihat kehilangan kendali saat akan menaklukan tikungan ke-13. Pembalap yang meninggal pada usia 25 tahun tersebut awalnya mencoba untuk melepaskan pegangan, namun takdir berkata lain dirinya malah ikut terseret motor Marc VDS Honda.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini