Sukses

Permalukan Barcelona, Pelatih Bilbao: Ini Laga Menegangkan

Melawan sembilan pemain Athletic Bilbao, Barcelona kalah 1-2 pada leg pertama 16 besar Copa del Rey

Liputan6.com, Bilbao - Pelatih Atletico Bilbao, Ernesto Valverde memuji kerja keras anak asuhnya saat mengalahkan Barcelona 2-1 di San Mames Barria, Jumat (6/1/2017) dinihari WIB, pada leg pertama babak 16 besar Copa Del Rey.

Dalam pertandingan tersebut, Bilbao unggul terlebih dahulu berkat dua gol Aduriz dan Inaki Williams. Barcelona sempat memperkecil kedudukan pada menit ke-51 berkat gol Lionel Messi.

Kondisi Bilbao semakin sulit setelah dua pemainnya, Raul Garcia dan Iturraspe dikeluarkan dari lapangan hijau. Keduanya terkena kartu kuning kedua. Kehilangan dua pemain membuat Bilbao harus bermain bertahan. Untungnya, Barcelona tidak bisa mencetak gol tambahan.

"Ini merupakan pertandingan yang sulit, banyak ketegangan karena kami melawan Barcelona. Tapi, saya puas dengan penampilan pemain kami," kata Valverde, dikutip dari Football Espana.

"Kami harus bermain lebih ke belakang setelah ada dua kartu merah. Ini merupakan pertandingan yang melelahkan karena kami mengakhiri pertandingan melawan Barcelona dengan tekanan besar," ucapnya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunggulan Kecil

Pada laga itu, Barcelona mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 67 persen. Tim besutan Luis Enrique tersebut melepaskan 11 tembakan yang mengancam gawang Bilbao.

Tekanan yang diciptakan Lionel Messi dan kawan-kawan membuat Bilbao bertahan serta bermain sedikit keras. Tercatat, Aduris dan kawan-kawan melakukan 20 pelanggaran.

"Ini bukan pertama kalinya kami bermain melawan mereka. Sepertinya, cara seperti ini merupakan strategi yang cocok untuk menghadapi Barcelona," ucap Valverde.

Proses terjadinya gol Athletic Bilbao yang dicetak Artiz Aduriz ke gawang Barcelona. Gol Aduriz ini tercipta pada menit ke-25 setelah menerima umpan silang Raul Garcia. (EPA/Luis Tejido)

Pelatih berusia 52 tahun itu juga optimistis Bilbao bisa menyingkirkan Barcelona di leg kedua yang berlangsung di Camp Nou Stadium, 12 Januari mendatang. "Sekarang, kami sudah punya sedikit keunggulan dari mereka," ujarnya.

Kami tidak akan bertele-tele saat bermain di Camp Nou. Peluang masih terbuka. Saya senang dengan permainan tim hari ini," kata Valverde mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.