Sukses

10 Stadion Terbaik di Dunia, San Siro Termasuk

Stadion San Siro merupakan 10 stadion terbaik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Stadion San Siro yang juga bernama Giuseppe Meazza menjadi markas bagi dua tim Liga Italia, yakni AC Milan dan Inter Milan. Stadion ini mulai dibangun oleh Piero Pirelli, presiden AC Milan saat itu, pada 1 Agustus 1925 lalu dan selesai 15 September 1926 dengan nama Nuovo stadio Calcistico San Siro.

Pembangunan stadion menghabiskan dana sekitar 5 juta lira. Stadion ini dibuka secara resmi pada 19 September 1926 dengan pertandingan derby antara AC Milan dan Inter Milan, yang dimenangkan Inter dengan skor 6-3.

Pada awalnya stadion ini adalah stadion kandang bagi AC Milan. Hingga pada 1935, AC Milan mengalami kebangkrutan dan harus menjual stadion tersebut pada Pemerintah Kota Milan. Inter Milan kemudian menyewa stadion ini dari Pemerintah kota Milan pada 1947, sejak saat itu stadion ini digunakan sebagai kandang bagi Inter Milan dan AC Milan.

Stadion San Siro termasuk 10 stadion terbaik di dunia. Stadion ini bukan cuma sekadar tempat bertanding dan menyaksikan laga sepak bola. Tapi, bisa lebih kepada rekreasi keluarga dan pemandangan indah.

San Siro merupakan satu dari 10 stadion yang dianggap terbaik dan termegah di dunia. Lalu sembilan stadion lagi? Berikut daftarnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

The Azadi Stadium, Teheran

Iran ternyata punya stadion yang sangat mewah. Ya, mereka punya Stadion bernama The Azadi yang terletak di Kota Teheran.

Sebelumnya, stadion ini dikenal sebagai Stadion Aryamehr. Stadion Azadi adalah salah satu stadion paling bersejarah di dunia sepak bola. Dibangun pada 1971, stadion ini merupakan markas dari Esteghlal dan Persepolis.

Stadion Azadi memiliki kapasitas 95.225, meski para pejabat setempat telah menurunkan jumlah ke 80.000 karena alasan keamanan. Stadion ini dikelilingi oleh sungai, fasilitas, lapangan pelatihan sepak bolam dan banyak fasilitas olahraga lainnya, Azadi berarti Kebebasan dalam bahasa Persia.

3 dari 10 halaman

Anfield, Liverpool

Siapa tak kenal dengan Stadion kebanggaan masyarakat Merseyside ini? Stadion ini merupakan kandang bagi Liverpool sejak klub didirikan pada tahun 1892.

Stadion ini awalnya adalah kandang dari Everton F.C. dari 1884 hingga 1892 ketika Everton pindah ke stadion Goodison Park. Stadion ini terletak 4,8 km dari pusat kota Liverpool dan berkapasitas sekitar 45.276 kursi penonton.

4 dari 10 halaman

Soccer City, Johannesburg

Stadion yang nama lain FNB Stadium ini berada di kota Soweto, Johannesburg, Afrika Selatan. Stadion ini mulai tenar kala menjadi tuan rumah pagelaran akbar Piala Dunia 2010 lalu.

Desain baru stadion terinspirasi dari kerajinan tradisional tanah liat Afsel. Stadion ini punya bentuk bulat seperti pot mozaik dengan dominasi warna tanah liat. Ada juga desainnya yang menyerupai calabash, sejenis tanaman yang tumbuh di Amerika.

5 dari 10 halaman

Santiago Bernabeu, Madrid

Santiago Bernabéu adalah stadion sepak bola yang terletak di Kota Madrid, Spanyol. Stadion ini merupakan markas Real Madrid.

Kapasitas stadion ini terus berubah, memuncak sampai 120.000 setelah perluasan pada 1953. Sejak saat itu, kapasitas mulai dikurangi karena modernisasi.

Stadion ini sendiri dibuka pada 1947. Pemecahan rekor penonton sendiri terjadi pada 1950-an hingga berjumlah 124 ribu penonton.

6 dari 10 halaman

Camp Nou, Barcelona

Camp Nour tak diragukan lagi merupakan ikon stadion di dunia. Dibuka pada 1957, markas Barcelona tersebut mulai dikenal dunia.

Sebagai salah satu stadion dengan kapasitas raksasa di dunia, Stadion Camp Nou menjadi daya tarik wisatawan asing maupun domestik.

Stadion ini dirancang tiga arsitek: Silda VIP, Josep Soteras, dan Giulio. Camp Nou menjadi saksi bisu sejarah Azulgrana. Stadion bintang lima dari UEFA ini resmi menjadi markas Barcelona di tahun pertama dibuka pada 59 tahun lalu.

Dibutuhkan waktu tiga waktu tiga tahun untuk membuat Camp Nou. Pengerjaan Camp Nou membutuhkan waktu 3 tahun terhitung dari 1954 hingga 1957.

7 dari 10 halaman

Estadio Azteca, Mexico City

Dibuka pada 1966, Estadio Azteca terus megalami renovasi. Ini adalah salah satu stadion termegah yang terletak di pusat ibu kota Meksiko.

Azteca pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia. Ketika Brasil menang melawan Italia pada 1970, dan kala Argentina melawan Jerman Barat pada Piala Dunia 1986.

Azteca memiliki kapasitas awal 87 ribu. Namun, mengalami peningkatan setelah direnovasi menjadi 104 ribu. Stadion ini juga sering digunakan untuk arena politik dan konser.

8 dari 10 halaman

The Allianz Arena, Muenchen

Stadion mewah selanjutnya terletak di distrik Frottmaning, sebelah utara kota Muenchen, Jerman. Stadion ini dibuka pada 30 Mei 2005 dengan pertandingan persahabatan antara TSV 1860 Muenchen dan 1. FC Nuernberg.

Stadion ini juga menjadi tempat penyelenggaraan final Liga Champions UEFA 2012 yang dimenangkan Chelsea. The Blues memenangkan trofi pertamanya kompetisi elit di Eropa itu setelah mengalahkan Bayern Muenchen, yang kebetulan juga sebagai pemilik stadion.

Stadion ini juga merupakan tempat diadakannya pertandingan pembukaan Piala Dunia FIFA 2006. Setelah selesai dibangun, stadion ini menggantikan Olympiastadion sebagai stadion kandang bagi TSV 1860 München dan FC Bayern München.

Stadion ini dirancang oleh perusahaan arsitektur Swiss, Herzog & de Meuron dan kapasitasnya adalah 66.000 penonton. Kerak bagian luar menampilkan 1056 panel berbentuk belah ketupat, yang masing-masing dapat diterangi dalam warna yang berbeda (merah, biru atau putih), sehingga terlihat seperti suatu pola yang bergerak.

9 dari 10 halaman

Old Trafford, Manchester

Dengan kapasitas 75.635 kursi, markas Manchester United (MU) ini merupakan stadion terbesar ketiga dan stadion sepak bola terbesar kedua di Inggris, serta stadion kesebelas terbesar di Eropa.

Old Trafford yang dijuluki The Theatre of Dreams oleh Sir Bobby Charlton, telah menjadi markas MU sejak 1910, walau sejak 1941 hingga 1949, klub berbagi Maine Road dengan rival lokal Manchester City setelah kerusakan akibat pengeboman pada Perang Dunia II.

Old Trafford mengalami beberapa kali ekspansi pada 1990-an dan 2000-an, termasuk penambahan tambahan tingkat di Tribun Utara, Barat, dan Timur, yang membuat stadion kembali ke kapasitas aslinya, 80.000. Ekspansi ke depannya dapat termasuk penambahan tingkat kedua di Tribune Selatan, yang dapat meningkatkan kapasitas menjadi 90.000.

Rekor kehadiran stadion tercatat pada 1939, saat 76.962 orang menghadiri semifinal Piala FA antara Wolverhampton Wanderers dan Grimsby Town.

10 dari 10 halaman

Wembley, London

Stadion ini terletak di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris. Stadion yang dibuka pada 2007 ini berkapasitas 90.000 bangku dan merupakan stadion terbesar kedua di Eropa. Stadion ini juga merupakan host laga final piala domestik Inggris, Piala FA.

Stadion ini dirancang oleh Foster and Partners dan Populous (kemudian HOK Sport), termasuk lengkungan baja yang sangat terkenal di bagian struktur atap. Dengan rentang 317 meter (1.040 kaki), lengkungan baja Stadion Wembley adalah lengkungan baja struktur atap dengan bentangan tunggal terpanjang di dunia.

Stadion ini dibangun oleh perusahaan Australia Multiplex dengan biaya £ 798,000,000. Dalam sepak bola internasional, stadion ini merupakan komponen sentral dalam pencalonan Inggris sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 dan juga menjadi tuan rumah Final Olimpiade London 2012 dalam cabang sepak bola.

 

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.