Sukses

Media Vietnam Sanjung 4 Pilar Timnas Indonesia

Andik juga disebut bisa merepotkan Vietnam di semifinal.

Liputan6.com, Jakarta - Dan Tri, media Vietnam, mengulas siapa saja pemain yang layak masuk dalam starting XI terbaik sepanjang fase grup Piala AFF 2016. Dari 11 nama, empat di antaranya adalah pemain Timnas Indonesia.

Perjuangan Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2016 memang layak diapresiasi. Pasalnya, Timnas Indonesia tak masuk dalam kategori kontestan yang diunggulkan. Itu karena Timnas Indonesia baru kembali dibentuk usai terlepas dari sanksi FIFA.

Persiapan mepet dan kesepakatan soal kuota pemain dari setiap klub juga menjadi hadangan Timnas Indonesia di ajang dua tahunan tersebut. Hebatnya, anak asuh Alfred Riedl tetap mampu melaju hingga semifinal.

Di balik sukses tersebut, beberapa pemain Timnas Indonesia memiliki peran paling menonjol sepanjang melakoni petualangan di Grup A. Media Vietnam pun menyertakan nama Kurnia Meiga, Benny Wahyudi, Stefano Lilipaly, dan Andik Vermansyah dalam daftar 11 pemain terbaik di fase grup.

Luar Biasa

"Gelandang asal Belanda ini telah bermain luar biasa lewat manuvernya saat melawan Singapura. Bahkan, ia adalah orang yang mencetak gol penentu lolosnya Indonesia ke semifinal. Lilipaly berpotensi membuat Vietnam kesulitan di semifinal," tulis penjelasan media tersebut.

Dan Tri juga memuji Andik yang mereka sebut layaknya Lionel Messi, penyerang Barcelona asal Argentina. Gol yang dicetak Messi pun dipuji Dan Tri.

"Teknik yang sangat baik dari Andik Vermansyah membuat gangguan pada pertahanan Singapura. Dalam pertandingan tersebut, Messi Indonesia itu adalah pemain yang menyamakan skor jadi 1-1. Itu adalah gol penting dalam permainan."

Ya, Timnas Indonesia memang harus berterima kasih kepada Lilipaly dan Andik. Saat melakoni laga pamungkas Grup A Piala AFF kontra Singapura, Timnas Indonesia sempat tertinggal 0-1 lebih dulu akibat gol Khairul Amri di menit ke-27.

Beruntung, Timnas Indonesia bisa menciptakan gol penyeimbang lewat Andik di menit ke-62. Selanjutnya, giliran Lilipaly yang memastikan kelolosan skuat Garuda berkat golnya di menit ke-85.

Tantangan Berat

Kini, Timnas Indonesia akan mendapatkan tantangan dari Vietnam di semifinal. Timnas Indonesia lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah pada 3 Desember 2016 sebelum gantian melawat ke kandang Vietnam empat hari kemudian.

Hanya saja, hingga saat ini belum diketahui, akan di mana laga kandang Indonesia dimainkan. Stadion Pakansari di Cibinong disebut-sebut sebagai salah satu kandidat terkuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini