Sukses

Bobol Gawang AS, Kapten Meksiko Singgung Sikap Trump

Bek veteran Marquez mengakui itu adalah kemenangan yang akan beresonansi di luar sepak bola.

Liputan6.com, Columbus - Meksiko meraih kemenangan 2-1 atas Amerika Serikat dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Concacaf di Mapfre Stadium, Sabtu (12/11/2016) pagi WIB. Meksiko unggul terlebih dahulu melalui Miguel Layun. Namun, AS menyamakan skor berkat gol Bobby Shou Wood.

Tapi, gol kapten Meksiko Rafael Marquez satu menit jelang laga usai memastikan Meksiko meraih tiga poin penting. Usai pertandingan, Marquez berharap gol kemenangannya akan membantu mengangkat bangsanya yang tengah dirundung masalah intoleransi.

Pernyataan Marquez ini memang berlatar belakang dengan kemenangan mengejutkan Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS. Trump yang berasal dari Partai Republik pernah mengeluarkan pernyataan kontroversial soal imigran Meksiko ke AS selama kampanyenya.

Dia berjanji akan membangun dinding di seberang perbatasan yang memisahkan kedua negara. Trump menuduh Meksiko memasuki AS dengan membawa obat, dan kejahatan.

Bek veteran Marquez mengakui itu adalah kemenangan yang akan beresonansi di luar sepak bola.

"Mungkin sekarang ada [telah] waktu yang buruk," kata Marquez. "Saya tidak tahu tentang waktu yang buruk, tapi waktu intoleransi.

"Tapi sekarang, dengan kemenangan ini [Meksiko] bisa melupakan sedikit tentang apa yang terjadi di sini di Amerika Serikat."

Putus Siklus

Sementara itu, pelatih Meksiko, Juan Carlos Osorio, merasa senang karena berhasil memutus siklus.

"Dalam pertandingan ini, kami menunjukkan bahwa kami memiliki kekuatan mental untuk bersaing di mana saja, bahwa tim mampu mengatasi kesulitan," katanya.

"Tim ini mampu memenangkan pertandingan di menit terakhir seperti banyak dilakukan tim nasional di laga tingkat internasional."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini