Sukses

Stefano Lilipaly, Pemain Serbabisa yang Dibutuhkan Timnas

Stefano Lilipaly kembali membela Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Hanoi - Pemain naturalisasi Stefano Lilipaly akhirnya membela timnas Indonesia saat menghadapi tuan rumah Vietnam, Selasa (8/11/2016). Dia menjadi satu-satunya pemain naturalisasi yang diinginkan pelatih Alfred Riedl untuk memperkuat Indonesia di Piala AFF 2016.

Laga pertama pemain SC Telstar bersama Indonesia selepas sanksi FIFA dicabut cukup memuaskan. Playmaker yang pernah berkostum Persija Jakarta itu menjadi kreator gol pertama Indonesia yang dicetak Boaz Solossa.

Aksinya yang diikuti dengan tembakan keras membuat kiper Vietnam bersusah payah menepisnya. Bola muntah langsung disambar Boaz dan menjadi gol.

Secara keseluruhan, sosok Lilipaly memang dibutuhkan oleh timnas Indonesia saat ini. Dia adalah gelandang yang bisa memiliki banyak peran. Lilipaly sangat pantas menyandang sebagai jenderal lapangan tengah.

Salah satu alasan Riedl memanggil Lilipaly, karena dinilai memiliki kemampuan yang langka. Lilipaly adalah gelandang serang. Namun, dia bisa bermain pada beberapa posisi berbeda. Mulai dari winger, gelandang bertahan, hingga bek sayap.

Berdasar itulah, Lilipaly akan sangat berguna bagi skuad Garuda. Dia akan memberikan alternatif di lini tengah dan depan. Selain itu, timnas Indonesia dipastikan lebih kreatif dengan keberadaannya. Maklum saja, saat ini tak ada pemain yang bisa berfungsi sebagai playmaker.

Lilipaly yang lahir dari ayah asli Indonesia, Ron Lilipaly, dan ibu asli Belanda, Adriana, dimainkan selama 90 menit atau full. Itu menjadi indikasi bahwa Riedl bakal memercayakan lini tengah kepadanya dan berduet dengan Evan Dimas. Mental bermainnya telah terbentuk karena bermain di Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mental Bermain Lilipaly

Dalam perjalanan kariernya di Belanda, Lilipaly memperkuat FC Utrecht, Almere City, dan kini Telstar. Dia juga sempat berkostum Consadole Sapporo dan Persija.

Sebenarnya, Lilipay sempat memperkuat timnas U-15 dan U-18 Belanda. Tapi, dia akhirnya memilih membela timnas senior Indonesia, karena memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya.

Lilipaly sebelumnya baru sekali tampil untuk timnas Indonesia di level internasional, yakni pada 14 Agustus 2013. Kala itu, dia memberi assist untuk gol Greg Nwokolo ke gawang Filipina. Indonesia menang 2-0. Laga melawan Vietnam kali ini merupakan penampilan keduanya bersama Merah Putih.

Gaya permainan Lilipaly dianggap menyerupai Andres Iniesta. Oleh karena itu, dia lebih nyaman saat bermain sebagai gelandang serang atau playmaker. Dia mengaku lebih bisa mengeksplorasi kemampuannya.  

Nama lengkap: Stefano Janite Lilipaly
Lahir: Arnhem (Belanda), 10 Januari 1990
Posisi: Gelandang
Karier klub:
2010-2012 Utrecht
2012-2014 Almere City
2014       Consadole Sapporo
2015      Persija
2015-...  Telstar

Timnas
2005     Belanda U-16
2007     Belanda U-17
2013-... Indonesia

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini